Nih Penemu Alat Berat Crane Dan Excavator Pertama Di Dunia

Penemu Alat Berat Crane dan Excavator Pertama di Dunia Nih Penemu Alat Berat Crane dan Excavator Pertama di Dunia
Sejarah crawler crane bermula ssat kelahirannhya sekitar tahun 1920an di Amerika. Saat itu perusahaan Northwest Engineering menciptakan crawler crane pertama. Namun, ketika itu bentuknya masihlah sangat sederhana.

Mesin derek tersebut hanya ibarat sebuah katrol yang dipasangkan di atas rel. Selanjutnya, Crawler crane yang lebih modern dibentuk oleh orang Chicago, amerika yakni Ray dan Charles Moore. Mesin tersebut bertenaga uap dan berbobot 15 ton. Veris ini mulai dikembangkan dan dipasarkan secara luas di tahun 1925.

Dari inovasi inilah, banyak perusahaan alat konstruksi mulai membuatkan crawler crane yang lebih canggih. Salah satu yang populer yaitu crawler crane dengan tiang hidrolik pertama buatan Hymac, perusahaan asal Inggris di tahun 1966. Crane bisa angkat material ribuan ton Mesin derek yang populer akhir roda ‘ulatnya‘ ini biasanya mempunyai tinggi total mulai dari 50an meter hingga 120 meter lebih dengan bobot puluhan hingga ratusan ton.

Dengan ukuran raksasa, crawler crane bisa mengangkat benda seberat 40-3.500 ton. Tak asing jikalau majalah Cranes & Access di tahun 2006 menyatakan jikalau crawler crane yaitu alat berat terbaik untuk membangun baling-baling raksasa untuk PLTA (pembangkit listrik tenaga angin) yang ketinggianya bisa mencapai 100 meter.

Salah satu laba dari crawler crane yaitu mobilitas plus-nya di area konstruksi. Mesin ini bisa berjalan meskipun sedang membawa muatan berat. Penggunaan di lokasi dengan tanah tidak stabil pun mempunyai resiko yang lebih rendah. Menggunakan roda ibarat milik tank, crawler crane tidak gampang terjebak di pasir atau tanah yang becek.

meseki banyak keuntungannya, tapi crawler crane mempunyai bobot sangat berat. Alat berat ini sangat susah dipindahkan dari satu lokasi konstruksi ke lokasi lain. Bahkan untuk memindahkannya, alat ini harus dibongkar dulu sebelum risikonya di letakkan di atas truk besar untuk dipindahkan. Akibat bobotnya yang sangat berat itu juga, crane jenis ini terjatuh di Masjidil Haram.

CRANE (derek) yaitu salah satu jenis material handling, yang memakai hoist (chain hoist atau wire rope hoist) & struktur baja yang telah dipabrikasi, dimana kegunaan utama dari sistem ini yaitu menaikkan menurunkan beban secara vertikal dan horizontal. Karena manfaatnya tersebut, maka crane telah menjadi bab penting dalam operasional pabrik, gudang, workshop. Selain itu, sistem ini juga sanggup diinstal di dalam ruangan dan luar ruangan.


Sumber: https://konveksijakartasmurah.wordpress.com/tag/penemu-alat-berat-crane/