Nih Penemu Motor Listrik Pertama Kali - Thomas Davenport
Davenport lahir 9 Juli 1802, di Williamstown, Vermont. Dia tinggal di Forest Dale, sebuah desa akrab kota Brandon. Ia meninggal pada 6 Juli 1851 (umur 48) di Salisbury, Vermont.
Dia menyaksikan motor listrik komersial pertama di Penfield Iron Works. Pada awal 1834, ia berbagi motor listrik bertenaga baterai. Dia memakai motor tersebut untuk menggerakkan sebuah kendaraan model yang kecil yang berjalan di atas jalur khusus /rel. Temuan ini membuka jalan untuk kemudian dikenal sebagai trem (streetcar).
(: "Sejarah Penemuan Trem")
Ia menemukan gagasan tersebut sesudah berkunjung ke pabrik besi Penfield dan Taft di Crown Point, New York. Tempat tersebut telah memakai elektromagnet menurut rancangan joseph henry. Davenport lantas membeli elektromagnet dari crown point dan membongkarnya untuk memahami cara kerjanya. Kemudian ia menempa inti besi yang lebih baik dan mengganti kabelnya, memakai sutra dari gaun pengantin istrinya. Davenport kemudian menciptakan ulang elektromagnet yang lebih baik dan berbagi motor listrik.
Bersama istrinya Emily, dan rekannya Orange Smalley, Davenport mendapatkan paten Amerika pertama untuk mesin listrik pada tahun 1837, Paten Amerika Serikat No. 132. Dalam paten tersebut, djelaskan bahwa alat tersebut merupakan aplikasi daya magnet dan elektromagnet untuk memutar mesin.
Davenport memakai motor listriknya pada tahun 1840 untuk mencetak The Electro-Magnetic and Mechanics Intelligencer - Koran pertama yang dicetak memakai listrik.
(: "Joseph Henry - Penemu Penyebab Awal Terjadinya Bel Listrik dan Listrik estafet (Relay)")
Pada tahun 1849, Charles Grafton Page, ilmuwan dan penemu Washington, memulai sebuah proyek untuk membangun lokomotif elektromagnetik bertenaga, dengan dana besar yang dialokasikan oleh Senat AS. Davenport menantang pengeluaran dana publik, dengan alasan motor yang telah ia ciptakan. Pada tahun 1851, lokomotif berukuran besar yang dioperasikan secara elektromagnetik ditempatkan pada tes sarat tragedi di jalur kereta antara Washington dan Baltimore. (Sumber)
Sejarah Motor Listrik [sumber]
Dengan invensi baterai (Alessandro Volta, 1800), pembangkitan medan magnetik dari arus listrik (Hans Christian Oersted, 1820) dan elektromagnet (William Sturgeon, 1825) fondasi untuk menciptakan motor lisrik telah diletakkan. Pada waktu itu masih terbuka apakah motor listrik harus berupa mesin berputar atau resiprokal, dalam hal menirukan batang isap dari mesin uap.
(: "Penemu Batu Baterai - Alessandro Volta")
Di seluruh dunia, banyak inventor bekerja paralel dengan kiprah ini – yang merupakan dilema “mode”. Fenomena gres ditemukan hampir di tiap hari. Invensi dalam bidang sains kelistrikan dan aplikasinya berada di udara.
Seringkali sesama inventor tidak tahu menahu wacana satu sama lain dan berbagi solusi yang serupa secara terpisah. Berikut ini yakni sebuah perjuangan untuk menyediakan citra yang komprehensif dan netral.
Alat berputar pertama yang digerakkan oleh elektromagnetisme dibentuk oleh seorang laki-laki Inggris Peter Barlow di tahun 1822 (Barlow’s Wheel).
Setelah banyak percobaan yang lebih atau kurang berhasil dengan peranti berputar dan resiprokal yang relatif lemah seseorang berbahasa Jerman asal Prussia Moritz Jacobi meciptakan motor listrik real pertama di bulan Mei 1834 yang betul-betul menghasilkan daya keluaran mekanik yang luar biasa. Motor itu tetapkan rekor dunia yang diperbaiki empat tahun kemudian di bulan September 1838 oleh Jacobi sendiri. Motor kedua itu cukup bertenaga untuk menggerakkan bahtera dengan 14 orang menyeberangi sungai. Tidak usang kemudian di tahun 1839/40 banyak pengembang di seluruh dunia mulai menciptakan motor yang serupa dan dengan capaian yang lebih tinggi juga.
Sudah di tahun 1833 seseorang asal Jerman Heinrich Friedrich Emil Lenz mempublikasikan sebuah artikel wacana aturan resiprositas dari fenomena magnet-listrik dan magnetic, yang membuktikan reversibilitas generator dan motor listrik. Di tahun 1838 ia memperlihatkan klarifikasi rinci terhadap eksperimennya dengan generator Pixii yang ia kerjakan sebagai motor.
Di tahun 1835 dua orang Belanda Sibrandus Stratingh dan Christopher Becker menciptakan motor listrik yang menenagai sebuah kendaraan beroda empat mainan kecil. Ini yakni aplikasi simpel pertama yang dikenal dari motor listrik. Di bulan Februari 1837 paten pertama untuk motor listrik dikabulkan kepada seorang asal US Thomas Davenport.
(: "Hans Christian Ørsted - Peneliti Hubungan Antara Lstrik dan Magnetisme")
Akan tetapi, semua pengembangan awal oleh Jacobi, Stratingh, Davenport dan lainnya tidak mengantarkan kepada motor listrik yang kini dikenal.
Prinsip kerja Motor Listrik |
Tahun-tahun antara 1885 sampai 1889 melihat invensi sistem tenaga listrik tiga-fasa yang menjadi basis transmisi daya listrik modern dan motor listrik yang terdepan. Inventor tunggal dari sistem tenaga tiga-fasa tidak sanggup disebutan. Terdapat kurang lebih beberapa nama yang dikenal terlibat secara mendalam dalam invensi ini (Bradley, Dolivo-Dolbrowsky, Ferraris, Haselwander, Tesla dan Wenström).
(: "William Sturgeon - Penemu Elektromagnet")
Kini, motor sinkron tiga-fasa dipakai paling banyak dalam aplikasi dinamika (sebagai teladan di robot) dan di kendaraan beroda empat listrik. Motor ini dikembangkan pertama kali oleh Friedrich August Haselwander di tahun 1887.
Motor induksi kandang tiga-fasa yang mempunyai kesuksesan tinggi dibentuk pertama kali oleh Michael Dolivo Dobrowolsky di tahun 1889. Saat ini, motor ini yakni mesin yang paling sering diproduksi dalam rentang daya 1 kW dan di atasnya.
Related Posts