Nih Mu'ayyad Al-Din Al-'Urdi - Membuatkan Model Ptolemaic Dari Gerak Planet

 Mengembangkan Model Ptolemaic dari Gerak Planet Nih Mu'ayyad al-Din al-'Urdi - Mengembangkan Model Ptolemaic dari Gerak Planet

Mu'ayyad al-Din al-'Urdi (meninggal 1266) yakni seorang astronom Muslim, matematikawan, arsitek dan insinyur yang bekerja di observatorium Maragheh. Ia lahir di Aleppo (sekarang Suriah), lalu ia pindah ke Maragheh, Azarbaijan, untuk bekerja di observatorium Maragha dalam bimbingan Nasir al-Din Tusi.

Dia dikenal alasannya yakni menjadi yang pertama dari astronom Maragha yang membuatkan Non-Ptolemaic model dari gerak planet. Secara khusus, Urdi lemma dikembangkan lalu dipakai dalam model yang geosentris dari Ibn al-Shatir dalam masa ke-14 dan pada Model heliosentris Copernicus dari Nicolaus Copernicus pada masa ke-16.

Sebagai seorang arsitek dan insinyur, ia mempunyai andil besar dalam membangun pasokan instalasi air dari Damaskus, Suriah, pada masanya.


The Urdi Lema

"Urdi lemma" yakni perpanjangan dari Teorema Apollonius ' yang memungkinkan sebuah equant dalam model astronomi untuk diganti dengan yang setara epicycle yang bergerak di sekitar sentra yang berbeda pada setengah jarak ke titik equant. Anythony Grafton merupakan bukti demonstrasi Maestlin untuk Kepler sanggup membantu untuk memvisualisasikan. Anda juga sanggup menarik al-Shatir dan al-Tusi slider ke nol dalam animasi Dennis Duke untuk melihat model equant-kurang al-'Urdi untuk operasi  Mars. (Sumber: en.wikipedia.org)