Nih Samuel Colt - Penemu Pistol Colt

Samuel Col
Samuel Colt yaitu seorang penemu Amerika dan industrialis dari Hartford, Connecticut. Ia mendirikan Senjata Api Colt - Manufacturing Company (sekarang, Colt), dan membuat produksi massal dari revolver komersial. Ia menjadi populer alasannya yaitu membuat pistol dengan silinder bergulir. Revolver Colt dengan cepat dapat melepaskan beberapa tembakan secara berturut-turut. Senjata sebelumnya perlu diisi ulang setelah ditembakkan.


Biografi

Samuel Colt lahir di Hartford, Connecticut pada 19 Juli 1814. Ayahnya, Christopher Colt (1777-1850), yaitu seorang petani yang pindah ke kota setelah ia menjadi seorang pengusaha. Ibunya, Sarah Colt, lahir Caldwell. Kakek Colt, Mayor John Caldwell, pernah menjadi perwira di Angkatan Darat Kontinental dan salah satu harta Samuel yang pertama yaitu pistol flintlock kakeknya.

Ibu Colt meninggal alasannya yaitu TBC ketika Samuel berusia enam tahun, dan ayahnya menikah lagi dua tahun lalu dengan Olivia Sargeant. Samuel mempunyai tiga saudara perempuan, satu di antaranya meninggal ketika masih kecil. Kakak tertua nya, Margaret, meninggal alasannya yaitu TBC di usia 19 tahun dan yang lain, Sarah Ann, bunuh diri. Seorang saudara, James, menjadi pengacara; lain, Christopher, yaitu seorang pedagang tekstil. Seorang saudara yang ketiga, John C. Colt, seorang laki-laki banyak pekerjaan, tewas pada tahun 1841 di New York City, ditemukan bersalah atas pembunuhan, dan bunuh diri pada hari ia akan dieksekusi.


Penemuan

Samuel Colt menawarkan minat awalnya dalam ilmu pengetahuan dan mesiu. Colt bekerja di peternakan dan di pabrik pemutihan dan pencelupan milik ayahnya sebelum menjadi seorang pelaut di tahun 1830. Cara kerja roda kapal mungkin telah mengilhami desain pistol Colt.

 Samuel Colt yaitu seorang penemu Amerika dan industrialis dari Hartford Nih Samuel Colt - Penemu Pistol Colt
Colt 1851 Navy Revolver
Pada tahun 1832, Colt meminta ayahnya untuk membiayai pembuatan senjata dengan silinder bergulir. Tapi Colt segera harus menemukan lebih banyak uang di daerah lain. Dia mulai melaksanakan perjalanan dan mengajar orang-orang perihal dampak oksida nitrat. Dia mendapat cukup uang untuk menyewa jago untuk membuat model pistol menurut ide-idenya. Colt mematenkan “pistol bergulir” di Inggris dan Perancis pada tahun 1835 dan di Amerika Serikat pada tahun 1836. Kemudian, ia harus berjuang keras untuk melindungi hak-hak patennya.

Pada tahun 1847, Angkatan Darat Amerika Serikat memesan 1.000 pistol dari Colt. Dia memperoleh cukup uang dari penjualan ini untuk membangun pabrik, yang merupakan salah satu pabrik pertama yang memakai metode jalur perakitan untuk produksi. Sebelum ada jalur perakitan, senjata dibentuk dengan tangan, satu per satu, oleh perakit senjata. Di pabrik Colt, tiap bab dibentuk dengan pinjaman mesin dan dirakit oleh pekerja di banyak sekali pos. Pabrik itu dapat menghasilkan banyak pistol dengan cepat dan murah. Colt menjadi populer dan kaya.


Kematian

Samuel Colt  meninggal pada tanggal 10 Januari 1862. Perusahaannya terus membuat pistol selama bertahun-tahun sesudahnya.

Penemuan pistol Colt tak lepas dari kepiawaian Samuel Colt dalam berinovasi. Karena kehandalannya, desain pistol legendaris tipe Colt 1911 tak pernah berubah semenjak dirancang pada tahun 1911 sampai kini dan menjadi pistol standar tentara AS pada Perang Dunia. Begitu melegendanya Pistol Colt  hingga dijuluki "Ibu dari semua Pistol".

Senjata Colt secara luas dipakai dalam Perang Meksiko (1846-1848) dan Perang Saudara Amerika (1861-1865). Pemukim Amerika juga memakai revolver Colt dalam ekspansinya ke barat Amerika Serikat.


Sumber: