Nih Macam Macam Pembangkit Listrik Dan Penemunya

Macam Macam Pembangkit Listrik dan Penemunya Nih Macam Macam Pembangkit Listrik dan Penemunya
Rotor turbin uap modern

Pembangkit listrik ialah bab dari alat industri yang digunakan untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari aneka macam sumber tenaga, ibarat PLTU, PLTN, PLTA, PLTS, PLTSa, dan lain-lain.

Bagian utama dari pembangkit listrik ini ialah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan memakai prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan memakai aneka macam sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

Berikut ini macam macam Pembangkit Listrik:


Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) 

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ialah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini ialah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga mencakup pembangkit listrik yang memakai tenaga air dalam bentuk lain ibarat tenaga ombak. Hidroelektrisitas ialah sumber energi terbarukan.

Nikola Tesla adalah seorang kebangsaan Yoguslavina, penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola membuatkan inovasi tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan penderasan Niagara di Amerika. Baca selengkapnya...


Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ialah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.

(: "Penemu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Sejarahnya")

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini ialah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uap memakai aneka macam macam materi bakar terutama kerikil bara dan minyak bakar serta MFO untuk start up awal.


Pembangkit listrik tenaga materi bakar fosil

Pembangkit listrik tenaga materi bakar fosil ialah pembangkit listrik yang memperabukan materi bakar fosil ibarat batubara, gas alam, atau minyak bumi untuk memproduksi listrik. Pembangkit listrik tenaga materi bakar fosil didesain untuk produksi skala besar yang berlangsung terus menerus. Di banyak negara, pembangkit listrik jenis ini memproduksi sebagian besar energi listrik yang digunakan.

Pembangkit listrik tenaga materi bakar fosil selalu mempunyai mesin rotasi yang mengubah panas dari pembakaran menjadi energi mekanik yang kemudian mengoperasikan generator listrik. Penggerak utamanya mungkin ialah uap, gas bertekanan tinggi, atau mesin siklus dari mesin pembakaran dalam.


Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit listrik tenaga surya ialah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu secara eksklusif memakai fotovoltaik dan secara tidak eksklusif dengan pemusatan energi surya.

(: "Sejarah inovasi Panel Surya")

Fotovoltaik mengubah secara eksklusif energi cahaya menjadi listrik memakai imbas fotoelektrik. Pemusatan energi surya memakai sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.


Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)

Salah satu energi di bahari tersebut ialah energi ombak atau gelombang bahari yang merupakan sumber energi yang cukup besar. Ombak merupakan gerakan air bahari yang turun-naik atau bergulung-gulung, merupakan energi alternatif yang dibangkitkan melalui imbas gerakan tekanan udara jawaban fluktuasi pergerakan gelombang.


Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut (PLTPS)

Energi pasang surut (tidal energy) merupakan energi yang terbarukan. Prinsip kerja nya sama dengan pembangkit listrik tenaga air, di mana air dimanfaatkan untuk memutar turbin dan mengahasilkan energi listrik.


Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut-Sistem Bandulan (PLTGL-SB)



Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Merupakan pembangkit listrik yang bergantung terhadap keberadaan agin yang menggerakkan turbin angin. biasanya dipasang pada kawasan daerah yang mempunyai kekuatan angin yang cukup berpengaruh dan stabil. turbin angin modern lebih berukuran lebih besar ketimbang turbin angin yang dipasang pada tahun 1970-an dan juga lebih efisien


Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) 

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ialah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik.

PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang sanggup bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor sanggup turun sampai setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe sampai 1000 MWe. Unit gres yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe.

Hingga ketika ini, terdapat 442 PLTN berlisensi di dunia dengan 441 diantaranya beroperasi di 31 negara yang berbeda. Keseluruhan reaktor tersebut menyuplai 17% daya listrik dunia.