Nih Penemu Plastik Pertamakali - Alexander Parkes

 yaitu spesialis metalurgi dan penemu dari Birmingham Nih Penemu Plastik Pertamakali - Alexander ParkesAlexander Parkes yaitu spesialis metalurgi dan penemu dari Birmingham, Inggris. Dia membuat Parkesine, yang merupakan plastik pertama buatan manusia.

Alexander Parkes lahir di Suffolk Street, Birmingham, Inggris pada 29 Desember 1813. Ia yaitu putra keempat dari pasangan James Mears Parkes (produsen kunci kuningan) dan istrinya Keren happuch Childs. Parkes dua kali menikah.Pernikahan pertamanya, dengan Jane Henshall Moore (1817-1850), mempunyai empat putra dan dua putri. Sedangkan kesepakatan nikah yang kedua dengan Mary Ann Roderick (1835-1919), dengan empat putra dan tujuh putri.

Parkes ditugaskan di departemen casting, ketika itu perhatiannya mulai fokus pada elektroplating. Parkes mengambil paten pertamanya (No. 8905) pada tahun 1841 dalam sebuah proses untuk menyepuh karya seni halus. Ia meningkatkan sebuah metode untuk menyepuh benda halus dan rapuh, menyerupai bunga, diberikan paten pada tahun 1843.

Paten yang melibatkan sebuah objek elektroplating yang sebelumnya dicelupkan dalam larutan fosfor yang terkandung dalam bisulfide karbon, dan lalu di nitrat perak. Sebuah jaring laba-laba, perak berlapis berdasarkan metode ini, telah disampaikan kepada Pangeran Albert ketika ia mengunjungi Elkington pada tahun 1844.


Penemuan Parkesine

Plastik pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862 di sebuah ekshibisi internasional di London, Inggris. Plastik temuan Parkes disebut parkesine ini dibuat dari materi organik dari selulosa.

Parkesin yaitu sebuah material organik yang berasal dari selulosa atau serat yang sanggup dibuat kalau dipanaskan dan mengeras ketika suhunya turun.

Parkes menyampaikan bahwa temuannya ini mempunyai karakteristik menyerupai karet, namun dengan harga yang lebih murah. Ia juga menemukan bahwa parkesine ini bisa dibuat transparan dan bisa dibuat dalam banyak sekali bentuk. Sayangnya, temuannya ini tidak bisa dimasyarakatkan alasannya mahalnya materi baku yang digunakan.

Semasa hidupnya, Parkes telah mempunyai setidaknya 66 paten yang terkait dengan elektroplating dan pengembangan plastik.
  • Pada 1846 ia mematenkan proses penyembuhan hambar untuk karet vulkanisir Oleh Thomas Hancock inovasi ini disebut sebagai "salah satu inovasi yang paling berharga dan luar biasa ketika ini".
  • Dia merintis penambahan jumlah kecil fosfor untuk logam dan paduan, dan membuatkan fosfor-perunggu (paten 12.325 tahun 1848, diambil gotong royong dengan saudaranya Henry Parkes ). 
  • Pada tahun 1850 ia membuatkan dan mematenkan proses Parkes untuk memimpin ekonomi desilvering, juga mematenkan penyempurnaan proses pada tahun 1851 dan 1852.
  • Pada tahun 1856, ia mematenkan Parkesine - termoplastik pertama- sebuah seluloid dari nitroselulosa diproses dengan banyak sekali pelarut. Bahan ini, dipamerkan di Pameran Internasional London 1862.
  • Pada 1866 ia mendirikan The Parkesine Company di Hackney Wick, London. Tidak sukses secara komersial sebagai Parkesine yang mahal untuk diproduksi, rawan retak dan sangat gampang terbakar. Bisnis ditutup pada tahun 1868.
  • Bahan Parkes' dikembangkan lalu ditingkatkan bentuknya menyerupai Xylonite oleh rekannya Daniel Spill, yang membawa pelanggaran somasi paten - kesudahannya gagal - terhadap John Wesley Hyatt, pengembang seluloid di AS Pada tahun 1870, bagaimanapun, hakim tetapkan bahwa Parkes yaitu orang yang merupakan penemu sejati alasannya percobaan aslinya.

Meninggal dunia

Alexander Parkes meninggal dunia pada 29 Juni 1890. Ia dimakamkan di West Norwood Cemetery , London.


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Alexander_Parkes