Nih Penemu Gitar Akustik Dan Listrik

Gitar ialah salah satu alat musik yang mempunyai sejarah inovasi yang panjang, untuk mengetahui siapa penemunya kita harus merunut lebih jauh  dengan sumber terpercaya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca uraiannya di bawah ini.


Deskripsi

Gitar ialah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bab tubuh pokok dengan bab leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibuat dari banyak sekali jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan bab badannya yang berlubang (hollow body), telah dipakai selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik bisa memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan tubuh berlubang (hollow body), namun lalu penggunaan tubuh padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada banyak sekali genre musik menyerupai blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan banyak sekali bentuk musik pop.


Sejarah inovasi Gitar Klasik

Gitar ialah salah satu alat musik yang mempunyai sejarah inovasi yang panjang Nih Penemu Gitar Akustik dan ListrikKata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini lalu berubah menjadi banyak sekali macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur.

Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam era lalu oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:
  1. guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi
  2. Guitarra Latina untuk memainkan akor. 
Tiga era lalu bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol lalu menciptakan alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi terkenal di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya bertahap ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berubah menjadi banyak sekali model lute Eropa hingga kira-kira final era ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi banyak sekali macam gitar selama berabad-abad hingga karenanya menjadi gitar klasik yang dipakai pada ketika ini.

Keaslian gitar tidak sanggup dilihat dari keantikannya. Beberapa jago merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak replika modern dalam bentuk kotak lingkaran menyerupai kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak kawasan benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk beling di relief relief kerikil bau tanah di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan aliran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin ialah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi banyak sekali jenis gitar menyerupai instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.


Sejarah inovasi Gitar Elektrik

Gitar ialah salah satu alat musik yang mempunyai sejarah inovasi yang panjang Nih Penemu Gitar Akustik dan ListrikKebutuhan akan gitar dengan bunyi yang berpengaruh semakin konkret di era big band, ditandai dengan semakin berkembangnya orkestra-orkestra jazz pada tahun 1930 dan 1940.

Gitar listrik pertama dipakai oleh gitaris-gitaris jazz yang menggunakan amplifier hollow bodied untuk mendapat bunyi yang lebih besar. Gitar listrik yang pertama ialah gitar hollow bodied dengan pickup baja yang dibuat oleh pabrikan Rickenbacker pada tahun 1931. Gitar listrik ialah instrumen kunci dalam perkembangan musik yang muncul semenjak 1940, termasuk Chicago Blues, rock and roll dan blues rock 1962.

Gitar listrik awalnya didisain oleh pembuat gitar, pencinta elektro dan pabrikan alat-alat musik. Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan menggunakan tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi oleh Electro String Instrument Corporation pada tahun 1932. Disain pertama mereka dibuat oleh Harry Watson, spesialis yang bekerja di Electro String Company. Gitar gres tersebut dinamai "Rickenbacker" oleh perusahaan dan menjadi yang pertama di jenisnya.

Dokumentasi pertama penampilan dengan gitar listrik ialah tahun 1932 oleh seorang gitaris dan bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan instrumen barunya dalam sebuah artikel di Wichita Beacon pada 2 oktober 1932 dan terus tampil dalam bulan tersebut. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style menyerupai Andy Iola pada awal tahun 1933. Alvino Rey ialah seniman yang membawa instrumen ini ke penikmat yang lebih luas dalam suatu settingan orkestra besar, lalu membuatkan gitar dengan pedal besi untuk Gibson.

Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish kepada seorang cowok yang berjulukan Charlie Christian yang menciptakan instrumen tersebut terkenal dalam perjalanan hidupnya dan secara umum dikenal sebagai gitar listrik pertama dan juga membawa efek yang besar ke dalam musik jazz hingga dekade selanjutnya.

Perekaman pertama gitar listrik spanish ialah di Dallas September 1939, dalam sebuah session oleh Roy Newman and His Boys sebuah grup band Western Swing. Sang gitaris Jim Boyd menggunakan gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu salah satunya "Corrine, Corrina". Awal-awalnya pabrikan gitar mencakup : Rickenbacker pada tahun 1932, Dobro tahun 1933, National, Audio Vox dan Volu-Ton tahun 1934, Vega, Epiphone, dan Gibson tahun 1936, dan banyak lagi semenjak tahun 1936.

Versi instrumen yang paling dikenali ketika ini ialah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat dari kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker mengatakan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yang dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini menghasilkan bunyi yang modern dan agresif. Perusahaan Audio Vox menciptakan dan mungkin sudah mengatakan gitar solid body di pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain oleh seorang musisi dan penemu Les Paul di awal 1940, beliau bekerja paruh waktu di Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya telah dipatenkan dan sering dianggap sebagai yang pertama di jenisnya. (Wikipedia)