Nih Sejarah Dan Penemu Timbangan Berat Badan

Sejarah dan Penemu Timbangan Berat Badan Nih Sejarah dan Penemu Timbangan Berat Badan
Timbangan ialah alat yang digunakan melaksanakan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik /Digital.

Salah satu teladan timbangan ialah neraca pegas (dinamometer). Neraca pegas ialah timbangan sederhana yang memakai pegas sebagai alat untuk memilih massa benda yang diukurnya. Neraca pegas (seperti timbangan badan) mengukur berat, defleksi pegasnya ditampilkan dalam skala massa (label angkanya sudah dibagi gravitasi).

Berdasarkan penggunaannya, timbangan sanggup dikelompokkan dalam beberapa macam, diantaranya ialah timbangan badan. Timbangan Badan ialah salah satu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini ialah : timbangan bayi, timbangan tubuh anak dan dewasa, timbangan tubuh digital.

Sejarah penemu neraca/timbangan sebagai alat ukur massa pertama kali tidak tertulis dengan terang di banyak sekali literatur. Banyak penulis menceritakan sejarah perkembangan timbangan semenjak era revolusi industri pada masa 18 (tahun 1700-1800 M).

Sejarah singkat neraca telah dicatatkan dalam Al Qur’an, kitab suci agama Islam. Pada QS Hud ayat 84-86 diceritakan sejarah Nabi Syu’aib yang diutus kepada kaumnya, yakni suku Madyan (penduduk kota Aikah). Nabi Syu’aib diutus kepada kaumnya untuk memperbaiki budpekerti mereka yang berbuat curang dengan cara mengurangi takaran/timbangan/ukuran. Berikut nukilan ayat tersebut. Allâh Azza wa Jalla berfirman:

Dan kepada (penduduk) Madyan, (Kami utus saudara mereka), Syu’aib. Ia berkata, “Hai kaumku, sembahlah Allâh, sekali-kali tiada Tuhan bagimu selain Dia. Dan janganlah kau kurangi dosis dan timbangan, sebenarnya saya melihat kau dalam keadaan baik (mampu) dan sebenarnya saya khawatir terhadapmu akan azab hari yang membinasakan (Kiamat)”. Dan Syu’aib berkata, “Hai kaumku, cukupkanlah dosis dan timbangan dengan adil, dan janganlah kau merugikan insan terhadap hak-hak mereka dan janganlah kau menciptakan kejahatan di muka bumi dengan menciptakan kerusakan. Sisa laba dari Allâh ialah lebih baik bagimu bila kau orang-orang yang beriman. Dan saya bukanlah seorang penjaga atas dirimu [Hûd/11:84-86]

Berdasarkan kisah tersebut selanjutnya kami telusur masa hidup Nabi Syu’aib. Menurut Wikipedia, Nabi Syu’aib hidup pada tahun 1600-1500 SM. Nabi Syu’aib diangkat menjadi Nabi/Rasul pada tahun 1550 SM. Maka dari itu, timbangan/neraca telah ada pada tahun 1550 SM.

Sejarah neraca/timbangan yang tertulis dalam Al Qur’an tersebut juga diperkuat dengan goresan pena Michael dari ourweigh.co.uk dan Susie Felber. Beliau menuliskan sejarah neraca sejalan dengan sejarah ekonomi insan dalam perdagangan secara barter.

Sistem penimbangan gres dengan memakai neraca pegas (spring scale) ditemukan pada tahun 1700an Masehi.

Penemu neraca/timbangan pegas ialah Richard Salter, seorang pembuat timbangan pada tahun 1770 M (Susie Felber). Neraca pegas masih digunakan alasannya harga pembuatannya yang murah, tapi tidak seakuran timbangan elektronik pada masa kini. Di Paris (Prancis), timbangan ada yang diletakkan di kawasan umum (publik).

Selanjutnya, neraca/timbangan terus dikembangkan dan disempurnakan untuk mendapat timbangan yang lebih akurat. Hingga akibatnya pada masa 20 dan masa 21 ditemukan sistem elektronik (menggunakan listrik) yang diterpakan pada timbangan digital.


Sumber: