Nih Sejarah Inovasi Jadwal Linear

Dikutip dari https://www.studiobelajar.com/program-linear/, Program linear yakni suatu metode penentuan nilai optimum dari suatu dilema linear. Nilai optimum (maksimal atau minimum) diperoleh dari nilai dalam suatu himpunan penyelesaiaan dilema linear. Di dalam dilema linear terdapat fungsi linear yang sanggup disebut sebagai fungsi objektif. Persyaratan, batasan, dan hambatan dalam dilema linear merupakan sistem pertidaksamaan linear.

 Program linear yakni suatu metode penentuan nilai optimum dari suatu dilema linear Nih Sejarah Penemuan Program Linear
Linear Programming atau Program linear ditemukan dan dikembangkan oleh beberapa matematikawan di masa sebelum Perang Dunia ke-II. Penemuan dan pengembangan oleh beberapa matematikawan tersebut rata - rata didasarkan alasannya yakni dilema atau masalah yang sedang berkembang ketika itu, yaitu dalam hal industri dan peperangan. Beberapa matematikawan tersebut yakni Leonid V. Kartovich, George B. Dantzig, John von Neumann, Leonid Khachiyan dan Naranda Karmarkar.

Ide Linear Programming pertama kali dicetuskan oleh spesialis matematika asal Rusia berjulukan L.V. Kantorivich dalam bukunya yang berjudul ”MATHEMATICAL METHODS IN THE ORGANIZATION AND PLANNING OF PRODUCTION”. Dengan buku ini, dia telah merumuskan pertama kalinya dilema “Linear Programming”. Namun, cara-cara pemecahan dilema ini di Rusia tidak berkembang dengan baik dan ternyata para jago di negara Barat dan AS yang memakai cara ini dimanfaatkan dengan baik.

Seorang jago matematika dari AS yang berjulukan George B. Dantzig, pada tahun 1947 menemukan suatu cara untuk memecahkan persoalan-persoalan linear programming. Cara pemecahan ini dinamakan ”Simplex Method”, yang diuraikan dalam bukunya ”LINEAR PROGRAMMING AND EXTENTION”. Selanjutnya teori ini berkembang pesat sekali terutama dibidang kemiliteran yang menyangkut optimisasi dalam seni administrasi perang dan di bidang-bidang lainnya.


Sumber:
  • https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=sejarah-program-linier-matematika
  • https://www.studiobelajar.com/program-linear/
  • https://ismimathskanda.wordpress.com/2012/02/09/sejarah-penemuan-dan-pengembangan-program-linear/