Nih Samuel Watson - Penemu Stopwach

 yaitu alat yang dipakai untuk mengukur lamanya waktu yang diharapkan dalam acara Nih Samuel Watson - Penemu Stopwach
Jam sukat atau jam randek (bahasa Inggris: stopwatch) yaitu alat yang dipakai untuk mengukur lamanya waktu yang diharapkan dalam kegiatan, misalnya: berapa usang sebuah kendaraan beroda empat sanggup mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang sanggup mencapai jarak 100 meter?

Jam sukat ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.jam sukat analog mempunyai batas ketelitian 0,1sekonsedangkan jam sukat digital mempunyai batas ketelitian sampai 0,01

Dikutip dari en.wikipedia.org, Stopwatch pertama kali ditemukan oleh Samuel Watson (1687-1710), seorang horologist (pembuat jam) yang menemukan repeater 5 menit. Ia menciptakan jam untuk Raja Charles II dan merupakan rekan Isaac Newton.

Pada 1695 Samuel "The Stopwatch" Watson menciptakan jam Pulse Dokter yang merupakan jam tangan pertama dengan tuas yang menghentikan tangan kedua. Pada tahun 1710 Samuel Watson menemukan repeater 5 menit.

Salah satu jam astronomisnya sanggup dilihat di perpustakaan kastil Windsor. Pada 1686 ia yaitu sheriff dari Coventry, sebelum pindah ke Long Acre, London pada 1690/91.