Nih Interferometer Michelson Dan Penemunya

 yaitu salah satu jenis dari interferometer Nih Interferometer Michelson  dan Penemunya
Interferometer Michelson yaitu salah satu jenis dari interferometer, yaitu suatu alat yang dipakai untuk menghasilkan suatu contoh interferensi. Interferometer Michelson merupakan alat yang paling umum dipakai dalam mengukur contoh interferensi untuk bidang optik.

Sebuah contoh interferensi dihasilkan dengan membagi seberkas cahaya memakai sebuah alat yang berjulukan pembagi sinar (beam splitter). Interferensi terjadi dikala dua buah cahaya yang telah dibagi digabungkan kembali. Seperti halnya celah ganda Young, interferometer Michelson mengambil cahaya monokromatik yang berasal dari sebuah sumber tunggal dan membaginya ke dalam dua gelombang yang mengikuti lintasan-lintasan yang berbeda.

Interferometer ditemukan oleh Albert Abraham Michelson. Albert Abraham Michelson (lahir di Strzelno, Kerajaan Prusia, 19 Desember 1852 – meninggal di Pasadena, California, Amerika Serikat, 9 Mei 1931 pada umur 78 tahun) ialah seorang fisikawan yang hasil penemuannya secara akurat memilih laju cahaya menyokong teori relativitas Albert Einstein. Dianggap sebagai inovasi kunci dalam sejarah ilmiah, inovasi itu dibentuk pada alat yang ditemukannya dan sekarang dipakai pada kadar panjang gelombang spektrum. Ia pindah ke Amerika Serikat dan ialah orang pertama Amerika yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika (1907).

Interferometer Michelson dipakai oleh Michelson untuk percobaan Michelson-Morley bersama dengan Edward Morley. Dalam satu versi percobaan Michelson-Morley, interferometer memakai cahaya bintang sebagai sumber cahaya. Cahaya bintang yaitu cahaya yang mempunyai koherensi temporal, namun titik sumber cahaya itu mempunyai koherensi spasial dan akan menghasilkan sebuah contoh interferensi.