Nih Neptunium - Unsur Kimia Dalam Tabel Periodik Yang Mempunyai Lambang Np Dan Nomor Atom 93

 Unsur Kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Np dan nomor atom  Nih Neptunium - Unsur Kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Np dan nomor atom 93
Neptunium ialah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Np dan nomor atom 93. Unsur logam radioaktif berwarna keperakan ini merupakan unsur transuranium pertama dan merupakan unsur deret kimia aktinida. Isotop paling stabilnya, 237Np, ialah produk samping reaktor nuklir dan produksi plutonium dan sanggup dipakai sebagai komponen perangkat deteksi neutron. Neptunium juga ditemukan dalam jumlah kecil dalam bijih uranium.

Posisinya dalam tabel periodik sempurna sehabis uranium, dinamai sesuai dengan planet Uranus, menyebabkannya dinamai berdasarkan Neptunus, planet berikutnya di luar Uranus. Atom neptunium mempunyai 93 proton dan 93 elektron, dimana tujuh elektron valensi. Logam Neptunium berwarnba keperakan dan kusam ketika terkena udara. Unsur ini terjadi dalam tiga bentuk allotropik dan biasanya menawarkan lima keadaan oksidas , mulai dari +3 sampai +7. Ini bersifat radioaktif, beracun, piroforik, dan sanggup menumpuk di tulang, yang menciptakan penanganan neptunium berbahaya.

Meskipun banyak klaim palsu ihwal penemuannya yang dibentuk selama bertahun-tahun, unsur ini pertama kali disintesis oleh Edwin McMillan dan Philip H. Abelson di Laboratorium Radiasi Berkeley pada tahun 1940. Sejak ketika itu, sebagian besar neptunium telah dan masih diproduksi oleh iradiasi neutron uranium di reaktor nuklir Sebagian besar dihasilkan sebagai produk sampingan di reaktor tenaga nuklir konvensional. Sementara neptunium sendiri tidak mempunyai penggunaan komersial ketika ini, namun secara umum dipakai sebagai prekursor pembentukan plutonium-238, yang dipakai dalam generator panas radioisotop untuk menyediakan listrik bagi pesawat ruang angkasa. Neptunium juga telah dipakai dalam detektor neutron energi tinggi.

(: "Edwin Mcmillan - Salah Satu Penemu Neptunium")

Isotop neptunium yang paling stabil, neptunium-237, merupakan produk sampingan dari reaktor nuklir dan produksi plutonium. Ini, dan isotop neptunium-239, juga ditemukan dalam jumlah jejak dalam bijih uranium alasannya ialah reaksi penangkapan neutron dan peluruhan beta. (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Neptunium)
Related Posts