Nih Carl Auer Von Welsbach - Penemu Praseodimium, Neodymium, Lutetium

 yaitu seorang ilmuwan Austria dan penemu yang mempunyai talenta tidak hanya untuk menemukan Nih Carl Auer von Welsbach - Penemu Praseodimium, Neodymium, Lutetium
Carl Auer von Welsbach 
Carl Auer von Welsbach , yang juga dikenal sebagai Carl Auer, Freiherr von Welsbach (1 September 1858 - 4 Agustus 1929) yaitu seorang ilmuwan Austria dan penemu yang mempunyai talenta tidak hanya untuk menemukan kemajuan, tapi juga untuk mengubahnya menjadi produk yang sukses secara komersial. Dia sangat terkenal alasannya karyanya pada unsur tanah jarang , yang menjadikan perkembangan kerikil api yang dipakai pada pemantik modern, mantel gas yang membawa cahaya ke jalan-jalan di Eropa pada simpulan era ke-19, dan untuk pengembangan logam Lampu filamen. Carl Auer von Welsbach dikenal alasannya menemukan unsur Praseodimium, Neodymium, dan Lutetium.


Praseodimium
 yaitu seorang ilmuwan Austria dan penemu yang mempunyai talenta tidak hanya untuk menemukan Nih Carl Auer von Welsbach - Penemu Praseodimium, Neodymium, Lutetium
Praseodimium, 59 Pr
Praseodimium yaitu unsur kimia dengan simbol Pr dan nomor atom 59. Ini yaitu anggota ketiga dari seri lantanida dan secara tradisional dianggap sebagai salah satu logam tanah jarang. Praseodimium yaitu logam lembut, keperakan, lunak dan ulet, yang bernilai magnetik, listrik, kimia, dan sifat optiknya. Hal ini terlalu reaktif sanggup ditemukan dalam bentuk asli, dan logam praseodimium murni perlahan berbagi lapisan oksida hijau.


Sejarah inovasi Praseodimium

Pada tahun 1751, hebat mineral asal Swedia Axel Fredrik Cronstedt menemukan mineral berat dari tambang di Bastnäs, yang kemudian dinamai cerite. Tiga puluh tahun kemudian, Vilhelm Hisinger yang berusia lima belas tahun, dari keluarga pemilik tambang tersebut, mengirimkan sampel itu kepada Carl Scheele, yang tidak menemukan unsur gres di dalamnya.

Pada tahun 1803, sehabis Hisinger menjadi spesialis besi, ia kembali ke mineral bersama Jöns Jacob Berzelius dan mengisolasi sebuah oksida gres yang mereka namai ceria sehabis planet kerdil Ceres, yang telah ditemukan dua tahun sebelumnya. Ceria secara bersamaan dan sanggup bangun diatas kaki sendiri diisolasi di Jerman oleh Martin Heinrich Klaproth.

Antara tahun 1839 dan 1843, ceria terbukti menjadi adonan oksida oleh hebat bedah dan kimia Swedia Carl Gustaf, yang tinggal di rumah yang sama dengan Berzelius; Dia memisahkan dua oksida lainnya yang ia beri nama lanthana dan didymia. Ia mendekomposisi sebagian sampel serium nitrat dengan cara memanggangnya di udara dan kemudian mengolah oksida yang dihasilkan dengan asam nitrat encer. Logam yang membentuk oksida ini diberi nama lantanum dan didimium.

Sementara lanthanum ternyata merupakan unsur murni, didymium tidak dan ternyata hanya adonan dari semua lantanida stabil awal dari praseodimium hingga europium, menyerupai yang diduga oleh Marc Delafontaine sehabis analisis spektroskopi, meskipun ia kekurangan Waktu untuk mengejar pemisahannya menjadi konstituennya.

Pasangan samarium dan europium yang berat gres saja dihapus pada tahun 1879 oleh Paul-Émile Lecoq de Boisbaudran dan gres pada tahun 1885 Carl Auer von Welsbach memisahkan didymium menjadi praseodimium dan neodymium. Karena neodymium yaitu konstituen yang lebih besar dari didimium daripada praseodimium, ia menyimpan nama usang dengan disambiguasi, sementara praseodimium dibedakan dengan warna bawang hijau daun bawang hijau (Yunani πρασιος, "daun bawang hijau").


Neodymium 
 yaitu seorang ilmuwan Austria dan penemu yang mempunyai talenta tidak hanya untuk menemukan Nih Carl Auer von Welsbach - Penemu Praseodimium, Neodymium, Lutetium
Neodymium, 60 Nd
Neodymium yaitu unsur kimia dengan simbol Nd dan nomor atom 60. Ini yaitu logam keperakan lembut yang menodai udara. Neodymium ditemukan pada tahun 1885 oleh hebat kimia Austria Carl Auer von Welsbach. Hal ini hadir dalam jumlah yang signifikan dalam mineral bijih monazite dan bastnäsite. Neodymium tidak ditemukan secara alami dalam bentuk logam atau tidak bercampur dengan lantanida lain, dan biasanya disaring untuk penggunaan umum. Meskipun neodymium digolongkan sebagai tanah jarang, ini yaitu unsur yang cukup umum, tidak jarang dari kobalt, nikel, dan tembaga, dan didistribusikan secara luas di kerak bumi. Sebagian besar neodymium komersial dunia ditambang di China.

Senyawa neodymium pertama kali secara komersial dipakai sebagai pewarna beling pada tahun 1927, dan mereka tetap menjadi aditif yang terkenal dalam gelas. Warna senyawa neodymium - alasannya ion Nd 3 + - seringkali berwarna kemerahan tapi berubah dengan jenis pencahayaan, alasannya adanya interaksi pita serapan cahaya tipis neodymium dengan cahaya sekitar diperkaya dengan emisi yang terlihat tajam. Pita merkuri, europium trivalen atau terbium. Beberapa kacamata neodymium-doped juga dipakai pada laser yang memancarkan inframerah dengan panjang gelombang antara 1047 dan 1062 nanometer. Ini telah dipakai dalam aplikasi dengan daya sangat tinggi, menyerupai eksperimen dalam fusi kurungan inersia.

Neodymium juga dipakai dengan aneka macam kristal substrat lainnya, menyerupai itrium aluminium garnet di laser Nd: YAG . Laser ini biasanya memancarkan inframerah pada panjang gelombang sekitar 1.064 nanometer. Laser Nd: YAG yaitu salah satu laser solid-state yang paling umum digunakan.

Penggunaan penting lainnya dari neodymium yaitu sebagai komponen dalam paduan yang dipakai untuk menciptakan magnet neodymium berdaya tinggi - magnet permanen yang kuat. Magnet ini banyak dipakai pada produk menyerupai mikrofon, pengeras bunyi profesional, headphone dalam telinga, hobi kinerja tinggi Motor listrik DC, dan hard disk komputer, di mana massa magnet rendah (atau volume) atau medan magnet yang berpengaruh diperlukan. Magnet neodymium yang lebih besar dipakai pada motor listrik berdaya tinggi versus berat (misalnya pada kendaraan beroda empat bibit unggul ) dan generator (misalnya generator angin turbin angin dan angin ).


Sejarah Penemuan Neodymium 

Neodymium ditemukan oleh Baron Carl Auer von Welsbach, spesialis kimia Austria, di Wina pada tahun 1885. Ia memisahkan neodymium, serta unsur praseodimium, dari materi yang dikenal sebagai didymium dengan kristalisasi fraksional ganda Amonium nitrat tetrahidrat dari asam nitrat, sambil mengikuti pemisahan dengan analisis spektroskopi ; Namun, tidak terisolasi dalam bentuk yang relatif murni hingga tahun 1925. Nama neodymium berasal dari kata Yunani neos (νέος), baru, dan didimos (διδύμος), kembar.

Kristalisasi dua nitrat yaitu alat pemurnian neodymium komersial hingga tahun 1950an. Divisi Kimia Lindsay yaitu yang pertama mengkomersilkan pemurnian ion-tukar berskala besar neodymium. Dimulai pada tahun 1950-an, kemurnian tinggi (di atas 99%) neodymium terutama diperoleh melalui proses pertukaran ion dari monazite, mineral yang kaya akan unsur tanah jarang. Logam itu sendiri diperoleh melalui elektrolisis garam halidanya. Saat ini sebagian besar neodymium diekstraksi dari bastnäsite, (Ce, La, Nd, Pr) CO 3 F, dan dimurnikan dengan ekstraksi pelarut. Pemurnian pertukaran ion disediakan untuk menyiapkan kemurnian tertinggi (biasanya> 99,99%). Teknologi yang berkembang, dan peningkatan kemurnian oksida neodimium yang tersedia secara komersial, tercermin dalam tampilan beling neodymium yang berada dalam koleksi ketika ini. Kacamata neodymium awal yang dibentuk pada tahun 1930-an mempunyai nada yang lebih kemerahan atau oranye daripada versi modern yang lebih higienis ungu, alasannya kesulitan dalam menghilangkan bekas praseodimium terakhir di era ketika manufaktur mengandalkan teknologi kristalisasi fraksional.


Sumber: