Nih Tokoh Ilmuwan Penemu Bidang Matematika

Sebagian orang percaya bahwa matematika telah dimengerti secara keseluruhan Nih Tokoh Ilmuwan Penemu bidang Matematika
Matematikawan


Sebagian orang percaya bahwa matematika telah dimengerti secara keseluruhan, padahal masih banyak persoalan yang belum terpecahkan. Penelitian di banyak sekali bidang matematika terus berlangsung, dan inovasi gres di matematika dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Banyak jurnal yang memang khusus untuk matematika dan banyak juga mengenai subjek yang mengaplikasikan matematika (misalnya ilmu komputer teoritis dan fisika teoritis).

Tidak menyerupai sains, pada penelitian matematika secara umum tidak melaksanakan eksperimen. Di matematika, kebenaran diturunkan dari kebenaran lain yang telah diketahui sebelumnya. Kalaupun eksperimen dengan komputer dan data numeris terlibat, hasil simpulan yang dibutuhkan ialah pembuktian teorema.

Perhitungan bukanlah bab besar dari penelitian matematika, dan matematikawan tidak perlu mempunyai kemampuan jago dalam menjumlahkan atau mengalikan angka. Lihat kalkulator mental ihwal orang-orang yang jago dalam melaksanakan perhitungan dalam kepalanya.


Motivasi

Matematikawan bisanya tertarik untuk menemukan dan mendeskripsikan pola-pola yang mungkin sebelumnya muncul dari persoalan perhitungan, namun sekarang telah terabstraksi menjadi persoalan yang bangun sendiri. Masalah-masalah matematis bisa muncul dari fisika, ekonomi, permainan, generalisasi matematika sebelumnya, maupun persoalan yang memang dibentuk sebagai tantangan untuk dipecahkan. Walaupun sebagian besar matematika tidak eksklusif berguna, sejarah telah menunjukkan bahwa pada balasannya ilmu tersebut bisa diaplikasikan. Contohnya, teori angka pada awalnya tidak mempunyai kegunaan praktis, namun sehabis ditemt sangat berkhasiat untuk algoritma dan kriptografi.

G. H. Hardy dalam bukunya A Mathematician's Apology menyampaikan bahwa matematika seharusnya dipelajari alasannya keindahannya, bukan alasannya manfaat aplikasinya. Bagi Hardy, matematika yang paling indah ialah matematika yang tidak mempunyai aplikasi, atau "matematika murni".


Perbedaan

Perbedaan matematikawan dengan ilmuwan (misalnya fisikawan) ialah matematikawan pada umumnya tidak melaksanakan eksperimen untuk mendukung atau menolak kesimpulannya. Teori di ilmu alam (misalnya teori gravitasi Newton) perlu dimodifikasi atau direvisi (dalam hal ini teori relativitas umum Einstein), seiring dengan ditemukannya data gres dan hasil eksperimen yang tidak sesuai dengan prediksi teori tersebut. Di lain pihak, teori matematis bersifat statik. Kalau suatu teorema sudah dibuktikan, maka teorema tersebut benar untuk selamanya.


Daftar matematikawan

Dunia matematika mempunyai sederetan matematikawan yang muncul dari banyak sekali belahan dunia baik klasik maupun modern. Umumnya, ilmuwan yang bergelut dibidang matematika bersifat multidisiplin dalam artian juga bergelut di dalam ilmu-ilmu pengetahuan lain menyerupai fisika, astronomi, musik dan lain-lain.


Daftar matematikawan penting:

Klik nama Ilmuwan Untuk mengetahui biografi, biodata serta penemuannya!