Nih Max Schultze - Pelopor Teori Sel

 Max Johann Sigismund Schultze ialah seorang Ilmuwan mikroskopis anatomi  Nih Max Schultze - Penggagas Teori Sel
Max Johann Sigismund Schultze

Lahir: 25 Maret 1825 Freiburg
Meninggal: 16 Januari 1874 
Kebangsaan: Jerman
Bidang: ahli pengurai badan manusia
Alma mater: Halle
Max Johann Sigismund Schultze ialah seorang Ilmuwan mikroskopis anatomi  Jerman yang populer alasannya ialah karyanya pada teori sel.


Biografi 

Max Schultze lahir di Freiburg di Breisgau (Baden) pada 25 Maret 1825. Ia berguru kedokteran di Greifswald dan Berlin, dan diangkat sebagai profesor luar biasa di Halle pada 1854 dan lima tahun lalu profesor biasa anatomi dan histologi dan administrator Institut Anatomi di Bonn.

Max Schultze berguru kedokteran dengan naturalis Fritz Müller naturalisasi Brasil. Max dikirim secara bersiklus ke literatur ilmiah Teman Müller, menyerupai juga ia yang disajikan dengan mikroskop kecil diproduksi di Berlin, Jerman, oleh Friedrich Wilhelm Schiek (1857); berkat mikroskop ini, Müller sanggup mempelajari krustasea buku kenangan Für Darwin, yang publikasi juga Johann yang tersedia; buku ini secara empiris menguatkan teori Seleksi Naural Charles Darwin.

Max Schultze meninggal di Bonn pada 16 Januari 1874.  Dia ialah abang dari dokter kandungan Bernhard Sigmund Schultze (1827-1919).

Namanya sangat dikenal alasannya ialah karyanya pada teori sel. Dengan menggabungkan teori Felix Dujardin dari konsep “sarcode” pada hewan dengan Hugo von Mohl dengan protoplasma pada sayuran, ia menyatukan keduanya, dan dua hal itu termasuk di bawah nama umum protoplasma, mendefinisikan sel sebagai nucleated massa dari protoplasma dengan atau tanpa sel-dinding (Das Protoplasma der Rhizopoden und der Pflanzenzellen; ein Beiträg zur Theorie der Zelle, 1863).


Pengertian Sel berdasarkan Max Schultze

Schultze menegaskan bahwa protoplasma merupakan dasar-dasar fisik kehidupan. Protoplasma bukan hanya bab struktural sel, tetapi juga merupakan bab penting sel sebagai daerah berlangsung reaksi-reaksi kimia kehidupan.Protoplasma juga merupakan daerah terjadinya proses hidup.


Karya:
  • Beiträge zur Naturgeschichte der Turbellarien (1851)
  • Uber den Organismus der Polythalamien (1854)
  • Beiträge zur Kenntnis der Landplanarien (1857)
  • Zur Kenntnis der elektrischen der organe Fische (1858)
  • Ein heizbarer Objecttisch und seine Verwendung bei Untersuchungen des Blutes  (1865, di mana deskripsi pertama yang diketahui dari platelet )
  • Zur Anatomie und Physiologie der Retina (1866)