Nih Håkon Flood - Pencetus Kimia Garam Cair (Lelehan Garam)

 ialah seorang profesor kimia anorganik di Norwegia Institute of Technology di Trondheim Nih Håkon Flood - Pelopor Kimia Garam Cair (lelehan garam)
Kertas lakmus, alat penguji keasaman
Håkon Flood (1905 - 2001) ialah seorang profesor kimia anorganik di Norwegia Institute of Technology di Trondheim, Norwegia, dari tahun 1953 hingga 1975. Dia juga bekerja sebagai administrator Institut Silikat Penelitian (Institutt untuk Silikatforskning) di NTH. Profesor Flood ialah salah satu pencetus kimia garam cair, bersama dengan Hermann Lux, ia dikenal untuk teori asam-basa Lux-Flood.


Teori Asam Basa Lux-Flood

Teori Asam Basa Lux-Flood merupakan penghidupan kembali teori asam basa oksigen yang diusulkan oleh kimiawan Jerman Hermann Lux pada tahun 1939 , lalu dikembangkan oleh Håkon Flood sekitar tahun 1947 dan masih dipakai hingga kini pada bidang geokimia modern dan elektrokimia lelehan garam.

Konsep teori asam basa Lux-Flood ditinjau menurut ion oksida (O2-). Konsep ini dipakai untuk mengambarkan sistem non proton yang tidak sanggup dijelaskan dengan definisi asam basa Bronsted-Lowry. Menurut teori ini asam ialah spesi atau zat penerima ion oksida dan basa ialah spesi atau zat pendonor ion oksida. Oksida diklasifikasikan sebagai asam atau basa menurut lokasinya dalam tabel periodik . Teori ini biasanya dipakai untuk meramalkan reaksi-reaksi yang berlangsung pada suhu tinggi dan proses pengolahan serta perekayasaan mineral dan logam.