Nih Profil Hermann Lux - Jago Kimia Anorganik

Hermann Lux, ialah spesialis kimia anorganik  terkemuka dari Munich, Jerman. Ia lahir pada 3 September 1904 di Karlsruhe  dan meninggal pada8 Juli 1999.

Lux berguru kimia di University of Karlsruhe di mana ia lulus dengan kebanggaan pada tahun 1928 dan lalu menuntaskan pendidikannya di Universitas Bonn pada tahun 1929. Dia kembali ke Karlsruhe dan bekerja di sana hingga kepindahannya ke Ludwig Maximilians University of Munich pada tahun 1937, di mana ia bekerja sebagai tangan kanan hingga 1940, lalu sebagai dosen hingga 1946 dan lalu menjadi kepala departemen kimia analitik. Dia menjadi profesor pada tahun 1944 dan profesor penuh pada tahun 1955. Dia pindah ke Technical University of Munich pada tahun 1968 dimana ia menjadi profesor penuh dari anorganik dan analisis kimia hingga pensiun pada tahun 1973. Dia meninggal pada tanggal 8 Juli 1999, hampir 95 tahun.


Penemuan
  • Menemukan metode penentuan kuantitatif dari 1 ppm kuantitas merkuri (1931, gotong royong dengan Alfred Stock)
  • mempeljari secara ekstensif reaksi kimia dalam garam cair, yang mengarah ke teori asam-basa Lux-Flood (1937)
  • Menciptakan "hanging melt"  metode yang memungkinkan untuk mempelajari sangat bernafsu sistem garam cair, menyerupai oksida alkali.
  • menyelidiki logam garam dalam oksidasi yang tidak biasa, menyerupai bivalen kromium atau pentavalent mangan. (: "Penemu Kromium & Berilium - Louis Nicolas Vauquelin")
  • Menerbitkan sejumlah buku termasuk "Anorganisch-Chemische Experimentierkunst" (kimia anorganik seni eksperimental) dan "Praktikum der quantitativen anorganischen Analyse" (tentu saja Mudah analisis anorganik kuantitatif) yang diterjemahkan ke dalam aneka macam bahasa dan dipakai oleh banyak hebat kimia analitik.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hermann_Lux