Nih Ole Kirk Christiansen - Penemu Lego

 Ole Kirk Christiansen ialah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Nih Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Ole Kirk Christiansen
Lahir: 07 April 1891, Filskov, Denmark

Meninggal: 11 Maret 1958 (umur 66)

Kewarganegaraan: Denmark

Pekerjaan: Tukang kayu

Dikenal karena: Mendirikan Perusahaan Lego.
Anak: Godtfred Kirk Christiansen
Ole Kirk Christiansen ialah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group. Berawal dari permainan angsa kayunya, LEGO kini menjadi permainan yang mengasah kreativitas dan imajinasi lewat ribuan model permainan.


Biografi

Ole Kirk Christiansen lahir di Filskov, Denmark pada 7 April 1891, ia ialah anak ke-10 dari keluarga miskin di Jutland di Denmark Barat. Ia dilatih sebagai tukang kayu dan mulai menciptakan mainan kayu pada tahun 1932 untuk mencari nafkah sehabis kehilangan pekerjaannya selama depresi. Segera sehabis istri Christiansen meninggal, meninggalkan ia untuk menaikkan empat anak-anaknya.

Christiansen terinspirasi untuk menciptakan sebuah angsa mainan kecil dari kayu untuk anak-anaknya. Ternyata anak-anaknya mengasihi mainan gres itu, selanjutrnya ia memutuskan untuk menciptakan angsa ke dalam produksi memakai kayu sisa dari bisnis lamanya. Pada tahun 1942 kebakaran terjadi di pabrik dan memaksanya untuk membangun kembali. Awalnya, ia menciptakan versi miniatur rumah-rumah dan furnitur dikala ia bekerja sebagai tukang kayu, tetapi pada tahun 1947 ia beralih memakai plastik, yang awalnya beruang plastik kecil dan bergetar. Pada 1949 ia telah menghasilkan lebih dari 200 mainan plastik dan kayu.

Ole Kirk Christiansen tiba dengan nama Lego dari kata Denmark leg godt yang berarti "bermain dengan baik" dan perusahaan tumbuh menjadi Lego Group.

Ole Kirk Christiansen meninggal di Filskov, Denmark pada tanggal 11 Maret 1958, alasannya ialah serangan jantung, selanjutnya putra ketiganya Godtfred Kirk Christiansen segera mengambil alih perusahaan.


 Ole Kirk Christiansen ialah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Nih Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Logo LEGO
Penemuan Lego

Lego ialah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang populer di dunia khususnya di kalangan belum dewasa atau berakal balig cukup akal tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta penggalan lain dapat disusun menjadi model apa saja. Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal terbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya dapat dibuat.

Alat permainan ini dikeluarkan oleh Perusahaan LEGO dari Denmark.

 Ole Kirk Christiansen ialah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Nih Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Bata Lego klasik
LEGO diciptakan oleh Ole Kirk Christiansen. Awalnya, ia mendirikan The Danish Company yang memproduksi barang keperluan sehari-hari yang terbuat dari kayu. Tangga kayu dan papan setrikaan ialah produk unggulan The Danish Company. Namun, penjualannya semakin menurun alasannya ialah terjadi krisis keuangan global. Ini menjadikan semakin menurunnya seruan akan produk-produk kayu tersebut. Namun Ole tidak tinggal diam, ia berusaha mencari solusi semoga perjuangan yang dimilikinya tidak gulung tikar dan dapat diselamatkan. Ole pun terpikir untuk menciptakan mainan berbahan dasar kayu, sesuai dengan keahliannya.

Ia memberi nama LEGO, yang dalam bahasa Denmark disebut dengan leg godt. Kata ini berarti bermain dengan baik. Ia mengubah namanya menjadi LEGO yang mempunyai arti menyatukan secara bersama-sama. Pada tahun 1935, Ole mulai menjual mainan LEGO pertamanya dengan model angsa dan ternyata cukup disukai masyarakat. Dari sana perusahannya pun semakin berkembang.

 Ole Kirk Christiansen ialah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Nih Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Lego Duplo
Pada tahun 1946, pabrik yang ia miliki hangus terbakar. Namun ia tidak putus asa, Ia mendirikannya kembali di tahun 1947 dan mulai menciptakan penemuan permainan dari produk berbahan kayu menjadi produk berbahan plastik. Permainan ini pun berkembang luas.

Pada tahun 1957, permainan LEGO sudah merambah ke wilayah Eropa menyerupai Prancis, Belgium, dan Inggris. Dibantu oleh putranya, Godtfred Kirk Christiansen, LEGO terus menciptakan inovasi-inovasi keren dan menarik. Mereka juga mempunyai prinsip Der bedste er ikke for godt yang berarti, yang terbaiklah yang pantas. (berbagai sumber)