Nih Satoshi Nakamoto - Penemu Bitcoin

Satoshi Nakamoto yaitu seorang Fisikawan keturuan Jepang-Amerika. Ia dikenal sebagai Penemu mata uang Bitcoin sehingga disebut sebagai Bapak Bitcoin. Bitcoin yaitu mata uang elektronik yang sanggup dipakai untuk bertransaksi di internet.


Biografi

Satoshi Nakamoto yang berjulukan orisinil Dorian S Nakamoto lahir di Jepang pada tahun 1949. lalu ketika berusia 10 tahun ia berimigrasi ke Amerika Serikat. Ia tinggal di rumah sederhana berlantai 2 di pinggiran Los Angeles.

Dia lalu kuliah di jurusan fisika di California State Polytechnic University. Nakamoto lantas bekerja di sejumlah perusahaan.

Di tahun 2008, Satoshi menerbitkan sebuah makalah yang menguraikan konsep, dan menulis perangkat lunak orisinil yang mendasari kemunculan Bitcoin. Pada tahun 2009 Bitcoin mulai dipakai dan begitu mengguncang dunia, dan kelahiran Bitcoin sendiri yaitu pencapaian besar yang sanggup merubah dunia ekonomi untuk selamanya.

Bitcoin Inti (sebelumnya dikenal sebagai Bitcoin-Qt). Pada tahun 2008, Nakamoto menerbitkan kertas pada Daftar Mailing Kriptografi di metzdowd.com menggambarkan mata uang digital bitcoin. Pada tahun 2009, mereka merilis software bitcoin pertama yang meluncurkan jaringan dan unit pertama dari bitcoin cryptocurrency, disebut Bitcoins.

Nakamoto terus berkolaborasi dengan pengembang lain pada perangkat lunak bitcoin hingga pertengahan 2010. Pada ketika ini, mereka menyerahkan kontrol dari repositori arahan sumber dan jaringan kunci waspada terhadap Gavin Andresen, mentransfer beberapa domain terkait ke banyak sekali anggota terkemuka dari komunitas bitcoin, dan berhenti keterlibatan mereka dalam proyek tersebut.

Log transaksi bitcoin publik mengatakan bahwa dompet  Nakamoto mengandung kira-kira satu juta Bitcoins. Pada Juni 2015,  adalah setara dengan US $ 250 juta.


Bitcoin

Satoshi Nakamoto yaitu seorang Fisikawan keturuan Jepang Nih Satoshi Nakamoto - Penemu Bitcoin
Bitcoin yaitu sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang ia rancang, dan juga memakai jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau direktur tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak menyerupai mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin memakai sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan memakai kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, menyerupai memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya sanggup dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin sanggup disimpan di komputer eksklusif dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin sanggup di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya manajemen tunggal membuatnya mustahil untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau mengakibatkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Bitcoin yaitu salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks.


Penemu Bitcoin Dinominasikan Nobel 

Profesor Ekonomi di University of Chicago, Bhagwan Chowdhry mencalonkan Satoshi untuk mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Ekonomi tahun 2016, Gizmodo (09/11).


Sumber: