Nih Biografi Oskar Fischinger - Animator, Pembuat Film, Pelukis Abstrak, Dan Penemu Lumigraph
Oskar Wilhelm Fischinger lahir pada 22 Juni 1900, Gelnhausen, kekaisaran Jerman. Fischinger magang di sebuah perusahaan pembuat organ sesudah beliau selesai sekolah hingga pemiliknya dikonsepkan ke dalam perang. Tahun berikutnya ia bekerja sebagai juru gambar di kantor arsitek, hingga ia juga dipanggil untuk bertugas. Namun, alasannya beliau terlalu 'tidak sehat', beliau ditolak dari kiprah tempur. Setelah perang, keluarga Fischinger bergerak ke barat menuju Frankfurt . Di sana, Fischinger menghadiri sebuah sekolah perdagangan dan bekerja sebagai magang, balasannya mendapat ijazah insinyur.
Awal karir
Di Frankfurt, Fischinger bertemu dengan kritikus teater Bernhard Diebold , yang pada tahun 1921 mengenalkan Fischinger kepada karya dan tokoh Walter Ruttmann , seorang aktivis dalam film ajaib . Terinspirasi oleh karya Ruttmann, Fischinger mulai bereksperimen dengan cairan berwarna dan materi pemodelan tiga dimensi menyerupai lilin dan tanah liat. Dia menemukan "Mesin Slicing Wax", yang menyinkronkan alat pengiris vertikal dengan rana kamera kamera, memungkinkan pencitraan efisien penampang melintang progresif melalui panjang lilin dan tanah liat yang dicetak. Fischinger menulis surat kepada Ruttmann wacana mesinnya, yang menyatakan minatnya. Pindah ke Munich , Fischinger melisensikan mesin pengiris lilin ke Ruttmann, yang menggunakannya untuk membuat latar belakang film Lohan Reiniger's Prince Achmed. Selama ini Fischinger banyak melaksanakan tes ajaib memakai mesinnya. Beberapa di antaranya didistribusikan hari ini di bawah judul percobaan Wax yang ditugaskan.
Pada tahun 1924, Fischinger dipekerjakan oleh pengusaha Amerika Louis Seel untuk memproduksi kartun satiris yang cenderung mengarah pada penonton dewasa. Dia juga membuat film ajaib dan tesnya sendiri, mencoba teknik gres dan berbeda, termasuk penggunaan beberapa proyektor. "Pada tahun 1926 dan 1927, Fischinger menampilkan banyak film proyektornya sendiri dengan aneka macam iringan musik. Pertunjukan ini berjudul Fieber ( Fever ), Vakuum , Macht ( Power ) dan kemudian, R-1 ein Formspiel ". Pada tahun 2012, sebuah program layar ganda, "Raumlichtkunst," dari seri yang pertama kali diadakan di Jerman pada tahun 1926, direkonstruksi oleh Center for Visual Music dan dipamerkan di Whitney Museum dan Tate Modern , London .
Menghadapi kesulitan keuangan, Fischinger meminjam dari keluarganya, dan kemudian sang induk semang. Akhirnya, dalam perjuangan untuk melepaskan diri dari penagih tagihan, Fischinger memutuskan untuk belakang layar meninggalkan Munich ke Berlin pada bulan Juni 1927. Dengan hanya memakai peralatan vitalnya, beliau berjalan sejauh 350 mil melintasi pedesaan, menembak bingkai tunggal yang dilepaskan beberapa dekade kemudian ketika film Walking from Munich ke Berlin .
Penemuan Lumigraph
Pada tamat 1940-an, Fischinger menemukan Lumigraph (dipatenkan pada tahun 1955) yang oleh beberapa orang salah menyebut jenis organ warna. Seperti penemu organ warna lainnya, Fischinger berharap sanggup mengakibatkan Lumigraph sebagai produk komersial, tersedia untuk siapa saja, tapi ini tidak terjadi. Instrumen menghasilkan gambaran dengan menekan layar karet sehingga sanggup menonjol ke dalam berkas cahaya berwarna yang sempit. Sebagai instrumen visual, ukuran layarnya dibatasi oleh jangkauan pemain. Dua orang diharuskan mengoperasikan Lumigraph: satu untuk memanipulasi layar untuk membuat citra, dan sedetik untuk mengubah warna lampu pada isyarat.
Perangkat itu sendiri pun sunyi, namun tampil menemani aneka macam musik. Fischinger memperlihatkan beberapa pertunjukan di Los Angeles dan satu di San Francisco pada awal 1950-an, menampilkan aneka macam belahan musik klasik dan populer, dan banyak yang terkesan dengan gambar spektakuler mesin tersebut. Pada tahun 1964, Lumigraph dipakai dalam film fiksi ilmiah The Time Travelers , di mana ia menjadi 'lumichord', meskipun ini bukan maksud Fischinger, namun keputusan produser film tersebut. Putra Fischinger Conrad bahkan membangun dua mesin lagi dalam aneka macam ukuran. Setelah kematiannya, jandanya Elfriede dan putrinya Barbara tampil dengan Lumigraph, bersama William Moritz , di Eropa dan Amerika Serikat.
Hari ini salah satu instrumennya ada dalam koleksi Deutsches Filmmuseum di Frankfurt , dan dua lainnya ada di California. Pada bulan Februari 2007 Barbara Fischinger tampil di Lumigraphium orisinil di Frankfurt. Dokumentasi film dan video pertunjukan Lumigraph Elfriede berada di Center for Visual Music di Los Angeles.
Oskar Fischinger meninggal dunia pada 31 Januari 1967 (umur 66), di Los Angeles, California, Amerika Serikat.
Film
- Silhouetten (1920)
- Stäbe (1920)
- Wachs Experimente (1921)
- Studies 1–4 (1921–1925)
- Spiralen (1925)
- München-Berlin Wanderung (1927)
- Seelische Konstruktionen (1927)
- Study Nr. 2 (1929)
- Study Nr. 3 (1930)
- Study Nr. 4 (1930)
- Study Nr. 5 (1930)
- Study Nr. 6 (1930)
- Study Nr. 7 (1930-31)
- Study Nr. 8 (1931)
- Study Nr. 9 (1931)
- Study Nr. 12 (1932)
- Study Nr. 13-fragment (1933-34)
- Kreise (Alle kreise erfasst Tolirag) (1933-34)
- Muratti greift ein (1934)
- Komposition in Blau (1935)
- Muratti Privat (1935)
- Allegretto (1936)
- An Optical Poem (1937)
- Organic Fragment (1941)
- Am American March (1941)
- Motion Painting Nr. 1 (1947)
- Muntz TV Commercial (c. 1952)
Tampilan di halaman depan google yang biasa disebut Google doodle tersebut pengunjung Google sanggup mencoba membuat musik dengan menentukan titik-titik untuk kemudian sanggup menghasilkan bunyi dan warna yang indah.
Tampilan tersebut merupakan penghargaan Google kepada Oskar Fischinger sebagai Animator, Pembuat film, Pelukis Abstrak, dan Penemu Lumigraph yang berulang tahun yang ke-117. (sumber)