Nih Kendaraan Beroda Empat Listrik Sudah Ada Semenjak Tahun 1880

Thomas Edison dan sebuah kendaraan beroda empat listrik tahun  Nih Mobil Listrik Sudah Ada Sejak Tahun 1880
Thomas Edison dan sebuah kendaraan beroda empat listrik tahun 1913 (sumber dari National Museum of American History)
Mobil listrik ialah kendaraan beroda empat yang digerakkan dengan motor listrik, memakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau daerah penyimpan energi lainnya.

Banyak yang menduga kalau kendaraan beroda empat listrik itu ialah teknologi baru, namun ternyata kendaraan beroda empat listrik sudah ada semenjak tahun 1880.

Mobil listrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880. Thomas Edison sudah memperkenalkan kendaraan beroda empat listrik karyanya, Edison Baker, pada tahun 1895.

Baca: "Thomas Alva Edison - Penemu Bola Lampu Modern"

Kala itu, kendaraan beroda empat listrik sudah bisa melesat hingga kecepatan maksimal 32 km/jam.
Puncak penjualan dari kendaraan beroda empat listrik ketika itu ialah tahun 1910. Bahkan di AS kala itu 38% kendaraan beroda empat di sana ialah bertenaga listrik. Namun seiring waktu, lantaran harga kendaraan beroda empat BBM semakin terjangkau dan bisa berjalan jarak jauh, akibatnya penggunaan kendaraan beroda empat listrik berkurang.

Mobil listrik sangat terkenal pada final kurun ke-19 dan awal kurun ke-20, tapi lalu popularitasnya meredup lantaran teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi gres pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan gres menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan lantaran harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya efek emisi gas rumah kaca.

Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara ialah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), ialah kedua kendaraan beroda empat listrik paling laku di dunia.


Kelebihan kendaraan beroda empat listrik

Mobil listrik mempunyai beberapa kelebihan yang potensial kalau dibandingkan dengan kendaraan beroda empat bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama ialah kendaraan beroda empat listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Selain itu, kendaraan beroda empat jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah beling lantaran tidak membutuhkan materi bakar fosil sebagai penggagas utamanya. Pada akhirnya, ketergantungan minyak dari luar negeri pun berkurang, lantaran bagi beberapa negara maju menyerupai Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, kenaikan harga minyak sanggup memukul ekonomi mereka. Bagi negara berkembang, harga minyak yang tinggi semakin memberatkan neraca pembayaran mereka, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi mereka.

Meskipun kendaraan beroda empat listrik mempunyai beberapa laba potensial menyerupai yang telah disebutkan di atas, tapi penggunaan kendaraan beroda empat listrik secara meluas mempunyai banyak kendala dan kekurangan. Sampai pada tahun 2011, harga kendaraan beroda empat listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kendaraan beroda empat bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik bibit unggul lantaran harga baterai ion litium yang mahal. Meskipun begitu, ketika ini harga baterai mulai turun lantaran mulai diproduksi dalam jumlah besar. Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan kendaraan beroda empat listrik ialah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk kendaraan beroda empat listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai kendaraan beroda empat sebelum mereka hingga di tujuan.


Mobil Listrik Di Indonesia

Di negara Indonesia sendiri, pada tanggal 1 April 2012 pemerintah kucurkan 100 miliar rupiah untuk riset kendaraan beroda empat listrik. Lalu pada tanggal 10 Juni 2013 pemerintah tegaskan kendaraan listrik bebas pajak. Dan lalu pada tanggal 12 Juni 2013 Zbee dari Swedia resmi membuka pabrik kendaraan listrik dengan nama PT Lundin Industry, yang terletak di Kota Banyuwangi, Jawa Timur, dan sasaran produksi minimal 100.000 unit per tahun. (Baca: Dasep Ahmadi - Kreator Mobil Listrik Nasional)

Sumber: Wikipedia, "Mobil listrik"