Nih Sejarah Inovasi Trem
Trem atau lengkapnya Trem Kota merupakan alternatif dalam menanggulangi kemacetan kota. Kendaraan ini biasanya hanya terdiri atas satu set (dua gerbong), sebab harus menyesuaikan dengan keadaan lingkungan jalan kota yang dilarang terlalu panjang, sebab berbaur dengan kemudian lintas kota lainnya. Namun dapat saja dua set atau 4 kereta (HRT - Heavy Rail Transit - satu set yakni 4 kereta).
Trem atau troli mempunyai asal seruan dari trem jalanan yang ditarik kuda yang diperkenalkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa pada tahun 1830-an. Sebuah kereta kuda di atas rel yang dapat mengangkut orang dua kali lebih banyak untuk tenaga kuda yang sama dikenal sebagai "omnibuses" atau kereta yang terbuka untuk setiap orang (yang membayar karcis) yang berjalan di atas jalan kotor atau beraspal. Dengan rel berkendara menjadi lebih halus dan goresan berkurang.
Awal pandangan gres inovasi Trem
Adalah Thomas Davenport, seorang terpelajar besi di Vermont yang menciptakan motor listrik Amerika pertama pada tahun 1834.
Pria kelahiran 9 Juli 1802, di Williamstown, Vermont tersebut, menyaksikan motor listrik komersial pertama di Penfield Iron Works. Pada awal 1834, ia menyebarkan motor listrik bertenaga baterai. Dia menggunakan motor tersebut untuk menggerakkan sebuah kendaraan model yang kecil yang berjalan di atas jalur khusus /rel. Temuan ini membuka jalan untuk kemudian dikenal sebagai trem (streetcar).
Penemuan listrik oleh Michael Faraday menciptakan beberapa inovasi peralatan listrik yang diikuti inovasi motor listrik. Motor listrik kemudian dipakai untuk menciptakan trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik.
Pemakaian trem pertama kali
Pada tahun 1832, Trem pertama diperkenalkan di New York City, Amerika Serikat. trem tersebut ditarik kuda untuk menggantikan omnibuses, yang segera diikuti di banyak kota yang lebih kecil di seluruh negara itu.
Pada tahun 1850-an, rute yang serupa menjadi terkenal di Paris. Sementara di Inggris pada tahun 1860-an. Pada tahun 1870-an, beberapa kota bereksperimen dengan sistem yang digerakkan uap, tetapi secara umum, mesin uap terlalu berat untuk lintasan trem yang telah dipasang itu.
Hingga Akhirnya seorang penemu berjulukan Andrew S. Hallidie menciptakan kereta kabel yang memperlihatkan solusi, terutama di kota-kota berbukit ibarat Seattle dan San Fransisco. Sistem yang ada di San Fransisco dipasang pada tahun 1873, dan sebagian darinya masih bertahan hingga periode 21. Sistem bel lonceng untuk berkomunikasi di antara penjaga karcis dan penjaga pintu dimodelkan pada sistem yang sama yang dipakai untuk berkomunikasi antara ruang kemudi dan ruang mesin pada kapal uap awal. Kereta kabel dijalankan oleh mesin uap di pusatnya yang menarik kabel yang ada di bawah lintasan, yang dengannya kereta akan mendekat dan berjalan dengan kecepatan yang tetap. Kereta itu akan berhenti dengan melepaskan kabelnya dan menggunakan rem.
Ketika sistem ini terpasang, rel jalanan yang digerakkan listrik pertama kali dibuat, yang pertama di tempat pinggiran kota Berlin oleh Erns Werner von Siemens (1812-1892), yang mendemonstrasikannya pada tahun 1879 dan memperkenalkannya pada tahun 1881. Sistem Siemens pertama-tama menggunakan satu rel logam untuk memasok arus listrik dan rel yang lain untuk mengembalikan arus listrik. Sistem ini segera terbukti berbahaya, terutama dikala ada kendaraan yang melintas atau pejalan kaki menyentuh kedua rel itu secara bersamaan. Siemens segera mengganti sistem itu dengan kail ikan (fish rod)—tipe penyusunan yang akan mendatangkan arus listrik dari kawat yang dipasang di atas kereta. Kumparan ini menyebabkan trem listrik disebut troli (trolley).
Sistem itu segera berkembang di kota-kota Amerika Serikat dan Eropa, dengan cepat mengantikan trem yang selebumnya ditarik oleh kuda. Di Amerika Serikat, Frank J. Sprague (1857-1934) menyebarkan sebuah tiang Troli yang dapat berputar yang menciptakan trem semakin fleksibel di sudut-sudut yang melingkar, dengan memasangkan sistemnya yang pertama di Richmond Virginia pada tahun 1888. Sistem-sistem yang menggunakan perlengkapan Sprague berkembang pesat pada dekade awal periode 20. Pada tahun 1917 ada sekitar 45.000 mil lintasan trem di Amerika Serikat, dan penumpang yang dibawa di atas lintasan ini semakin banyak dan tahun 1919 hingga 1920. Tetapi, seiring muncul dan tumbuhnya popularitas mobil, trem, dengan rutenya yang tertentu dan teratur, menjadi macet dalam lalu-lintas masyarakat urban, dan penggunaannya mulai berkurang. Beberapa lintasan trem yang mendukung bangunan-bangunan di taman-taman bermain di tempat pinggiran kota untuk menarik para pelancong, dan di banyak kota, keberadaan lintasan trem membentang ke lokasi-lokasi pedesaan yang mendorong pengembangan trem di tempat pinggiran yang menjadi menunjukan awal dari perubahan yang dilakukan mobil. Ini merupakan dasar utopia borjuis dari tempat pinggiran. Sebagai bentuk transportasi pada awal periode 20, trem telah menjadi ikon bagi nostalgia masyarakat urban.
Sumber:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Trem
- https://chariz-tyo.blogspot.com//search?q=penemu-motor-listrik-pertama-kali-thomas-davenport