Nih Penemu Unsur Kimia Bismut - Claude François Geoffroy

 yaitu suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Bi dan nomor atom  Nih Penemu Unsur Kimia Bismut - Claude François Geoffroy
Bismut
Bismut yaitu suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Bi dan nomor atom 83. Logam dengan kristal trivalen ini mempunyai sifat kimia menyerupai dengan arsen dan antimoni. Dari semua jenis logam, unsur ini paling bersifat diamagnetik dan merupakan unsur kedua sehabis raksa yang mempunyai konduktivitas termal terendah. Senyawa bismut bebas timbal sering dipakai sebagai materi kosmetik dan dalam bidang medis.

Bismut (berasal dari bahasa latin bisemutun, dari bahasa Jerman Wismuth)Pada awalnya membingungkan dengan unsur lain menyerupai timah dan timbal di mana beliau mempunyai kemiripan dengan elemen itu. Basilius jadinya menjelaskan sebagian sifatnya pada tahun 1450. Claude Francois Geoffroy menawarkan pada tahun 1753 bahwa logam ini berbeda dengan timbal.


Penemu

Claude François Geoffroy (1729 - 18 Juni 1753) yaitu spesialis kimia Prancis. Pada tahun 1753 ia menandakan unsur kimia bismut menjadi berbeda dari timbal, menjadi penentu unsur resmi. Sebelum waktu ini, mineral yang mengandung bismut sering salah diidentifikasi sebagai bijih timbal, timah, atau antimon. Pengamatannya terhadap problem ini dipublikasikan di Mémoires de l'académie française pada tahun 1753.

Dia menjadi spesialis apoteker pada tahun 1748, dan pada 1752 beliau diterima di Académie des science sebagai jago kimia adjuvan supernumerary. Ia meninggal pada 18 Juni 1753, (umur 23 atau 24).

Dia dikenal sebagai Claude Geoffroy the Younger untuk membedakannya dari ayahnya Claude Joseph Geoffroy (1685-1752), juga spesialis kimia dan apotek Perancis, anggota ilmu pengetahuan Académie. ( Terjemahan dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Claude_François_Geoffroy)


Kegunaan

 yaitu suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Bi dan nomor atom  Nih Penemu Unsur Kimia Bismut - Claude François Geoffroy
Di dalam kulit bumi, bismut kira-kira 2 kali lebih berlimpah daripada emas. Biasanya tidak hemat kalau menjadikannya sebagai tambang utama. Melainkan biasanya diproduksi sebagai sampingan pemrosesan biji logam lainnya contohnya timbal, tungsten dan gabungan logam lainnya.
  • Bismut oxychloride dipakai dalam bidang kosmetik
  • Bismut subnitrate and subcarbonate dipakai dalam bidang obat-obatan.
  • Magnet permanen yang berpengaruh dapat dibentuk dari gabungan bismanol (MnBi)
  • Bismut dipakai dalam produksi besi lunak
  • Bismut sedang dikembangkan sebagai katalis dalam pembuatan acrilic fiber
  • Bismut telah dipakai dalam peyolderan, bismut rendah racun terutama untuk penyolderan dalam pemrosesan peralatan makanan.
  • Sebagai materi lapisan beling keramik

Sumber: