Nih Biografi Willem Johan Kolff - Penemu Mesin Dialisis Ginjal & Organ Buatan Pertama

 Kolff yakni seorang pencetus dari hemodialisis serta di bidang organ buatan Nih Biografi Willem Johan Kolff - Penemu Mesin Dialisis Ginjal & Organ Buatan Pertama
Willem Johan "Pim" Kolff yakni seorang pencetus dari hemodialisis serta di bidang organ buatan. Dia menciptakan inovasi besar di bidang dialisis untuk gagal ginjal selama Perang Dunia Kedua. Dia bermigrasi pada tahun 1950 ke Amerika Serikat, di mana ia memperoleh kewarganegaraan AS pada tahun 1955, dan mendapatkan sejumlah penghargaan dan akreditasi luas untuk karyanya.

Willem Johan Kolff lahir pada 14 Februari 1911 di Leiden, Belanda, Kolff yakni anak pertama dari 5 anak laki-laki di keluarganya Ketika masih kecil ia sudah tertarik dengan dunia kedokteran , dan sering menghabiskan waktu berguru dari sang Ayah, Jacob Kolff, yang menjabat sebagai administrator Tuberculosis Sanatorium di Beekbergen. Kolff lulus dari Leiden Medical School di tahun 1938 dan pada 1941 mendapatkan Ph.D. dari University of Groningen dengan penghargaan summa cum laude.

Saat masih menjadi mahasiswa kedokteran, kolff menyaksikan sendiri maut laki-laki berusia 22 tahun tanggapan gagal ginjal. Ia pun eksklusif tergerak untuk melaksanakan riset di bidang itu, dan ditahun 1941, meskipun negaranya waktu itu sudah dikepung Jerman, ia berupaya berbagi sebuah ginjal buatan di Kampen. Coarse material didapatkannya dari pabrik lokal dan menciptakan mesin berbentuk silinder yang dilengkapi tabung untuk menempatkan  fluida pembersih. Darah dan racun yang dihasilkan tanggapan gagal ginjal ditarik ke dalam tabung itu kemudian dibersihkan, dialirkan lagi kedalam badan si pasien. Pada tahun 1945 alat ini berhasil menyelamatkan pasien pertamanya, seorang perempuan berusia 67 tahun. Wanita ini masih hidup 7 tahun kemudian.

Pada tahun 1950 Kolff bermigrasi ke Amerika Serikat, mengambil posisi di Cleveland Clinic Foundation sebagai kepala departemen organ buatan dan sekaligus profesor pemeriksaan klinis. Di Cleveland Clinic Kolff mulai menggarap jantung buatan. Pada tahun 1957, untuk pertama kalinya jantung buatan dipasang pada hewan.

Kolff meninggalkan Cleveland di tahun 1967 dan mengambil posisi sebagai administrator Institute for Biomedical Engineering dan divisi organ buatan di University of Utah. Penelitian jantungnya berlanjut disini, pada tahun 1982 ia turut mengawasi implantasi pertama jantung buatan pada manusia. Di University of Utah, Kolff berkontribusi pada banyak sekali tipe organ buatan lainya, termasuk pendengaran buatan, mata elektronik, dan juga sebuah membran oksigenerator.

Kreasi Kolff yang populer yakni hemodialis, alat basuh darah yang sampai sekarang berhasil menyelamatkan nyawa lebih dari satu juta orang di seluruh dunia.

Kolff dianggap sebagai Bapa Organ buatan, dan dianggap sebagai salah satu dokter yang paling penting dari kala ke-20. Ia memperoleh lebih dari 12 gelar doktor kehormatan di universitas di seluruh dunia, dan lebih dari 120 penghargaan internasional, di antaranya Prize Harvey pada tahun 1972, AMA Scientific Achievement Award pada tahun 1982, Prize Jepang pada tahun 1986, Albert Lasker Award untuk Clinical Medical Research pada tahun 2002, dan Prize Russ pada tahun 2003. Pada tahun 1990 Life Magazine termasuk daftar dari 100 orang Paling Penting dari kala ke-20.

Kolff meninggal tiga hari sebelum ulang tahunnya yang ke-98 pada 11 Februari 2009, di sebuah sentra perawatan di Philadelphia. (Sumber: en.wikipedia.org)