Nih Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec - Penemu Stetoskop

 dikala bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbag Nih Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec - Penemu Stetoskop
René Laennec

lahir:  17 Februari 1781 
Quimper, Prancis
Meninggal : 13 Agustus 1826 
Ploaré , Prancis
Kewarganegaraan:  Perancis
Kebangsaan:  Perancis
Dikenal: Menemukan stetoskop
René-Théophile-Hyacinthe Laennec lahir di Perancis pada 17 Februari 1781 yaitu seorang dokter Perancis yang  menemukan stetoskop pada tahun 1816 dikala bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis aneka macam kondisi dada. Laennec meninggal pada 13 Agustus 1826 akhir tuberkulosis, penyakit yang sedang ditelitinya.

Riwayat hidup

Laennec lahir di Quimper (Brittany). Ibunya meninggal alasannya yaitu TBC ketika ia berusia lima atau enam tahun, lalu tinggal bersama pamannya Abbé Laennec. Pada usia dua belas tahun ia pergi ke Nantes pamannya, Guillaime-François Laennec yang bekerja di fakultas kedokteran sebuah universitas. Laennec yaitu seorang mahasiswa berbakat, ia berguru bahasa Inggris dan Jerman, serta studi medis di bawah aba-aba pamannya.

René sempat mempelajari ilmu di luar kedokteran seperti, menari, berguru Yunani dan menulis puisi. Namun, pada tahun 1799 ia kembali ke dunia kedokteran. Di Paris Laennec berguru kedokteran di bawah bimbingan beberapa dokter terkenal, menyerupai Dupuytren dan Jean-Nicolas Corvisart-Desmarets. Di sana beliau dilatih untuk memakai bunyi sebagai alat bantu diagnostik. Corvisart menganjurkan re-introduksi dari perkusi selama Revolusi Perancis.

Penemuan stetoskop 

 dikala bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbag Nih Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec - Penemu Stetoskop
Gambar stetoskop pertama 1819
Stetoskop yang ditemukan René berawal pada pengalamannya di tahun 1816, dikala itu beliau sedang berkonsultasi dengan seorang perempuan muda yang mempunyai tanda-tanda umum penyakit jantung, segala cara beliau lakukan untuk sanggup mendengarkan apa yang terjadi di dalam tubuh perempuan tersebut termasuk metode klasik yang pernah ia pelajari.

Kemudian ia mencoba memutar sebuah kertas quire menjadi semacam silinder dan mendekatkan satu ujungnya ke kawasan jantung sedangkan ujung yang lainnya ke telinga. Ia terkejut sekaligus bahagia sanggup mencicipi agresi jantung dengan cara yang jauh lebih terang dan berbeda daripada mendengarkan eksklusif dengan menempelkan indera pendengaran ke tubuh perempuan tersebut. Pengalaman tersebut ia tulis (yang tercantum pada bab kata pengantar) pada sebuah risalah klasik "De l'Auskultasi Mediate" yang diterbitkan pada bulan Agustus 1819.

Laennec telah menemukan stetoskop gres lebih unggul dari metode sebelumnya yang menempatkan indera pendengaran atas dada, terutama kalau pasien kelebihan berat badan. Sebuah stetoskop juga menghindari aib menempatkan indera pendengaran pada bab yang kurang pantas.

 dikala bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbag Nih Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec - Penemu Stetoskop
Stetoskop René, terbuat dari
kayu dan kuningan
Laennec membuat instrumen pertamanya dengan panjang 25 cm dan diameter silender 2,5 cm yang terbuat dari kayu berongga, lalu disempurnakan menjadi tiga bab yang bisa dilepas.

Dengan temuannya tersebut Laennec sanggup menilik pasiennya dari samping tempat tidur atau meja periksa, sehingga ia bisa mengkorelasikan bunyi yang ditangkap oleh instrumen barunya dengan perubahan spesifik patologis di dada. Ia yaitu perintis alat diagnostik gres non-invasif. Laennec yaitu orang pertama yang mengklasifikasikan dan mendiskusikan istilah rales, ronki, crepitance, dan egophony. istilah yang dipakai para dokter kini setiap hari selama ujian fisik dan diagnosis. Pada bulan Februari 1818, ia memperkenalkan temuannya dalam pembicaraan di Academie de Medecin, lalu mempublikasikan temuannya di tahun 1819.

Laennec membuat istilah  mediate auscultation (indirect listening) (mendengarkan langsung), yang bertentangan dengan praktik yang terkenal yakni menempatkan indera pendengaran eksklusif di dada ( immediate auscultation) ( auskultasi eksklusif ). Dia memberi nama instrumennya tersebut dengan sebutan stetoskop, yang berasal dari kata stethos (dada), dan skopos (pemeriksaan). Namun Laennec sering menyebut stetoskop sebagai "silinder".

 dikala bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbag Nih Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec - Penemu Stetoskop
Stetoskop moderen
Tidak semua dokter mendapatkan stetoskop gres milik Rene. Meskipun New England Journal of Medicine melaporkan inovasi stetoskop dua tahun kemudian, pada tahun 1821 sampai final 1885 seorang profesor kedokteran menyatakan, "Barangsiapa memegang indera pendengaran untuk mendengar, biarkan beliau memakai telinganya dan tidak stetoskop." Bahkan pendiri American Heart Association, LA Connor (1866-1950) membawa saputangan sutra untuk ditempatkan di dinding dada untuk auskultasi telinga.

Beberapa tahun sebelum kematiannya ia mewariskan stetoskop kepada keponakannya. Stetoskop binaural Modern (modern binaural stethoscope) dengan dua ujung yang ditempatkan di indera pendengaran diciptakan pada tahun 1851 oleh Arthur leared. George Cammann menyempurnakan desain instrumen untuk produksi komersial pada tahun 1852, yang telah menjadi standar semenjak itu. (Wikipedia)