Nih Igor Sikorsky - Penemu Helikopter Modern
Igor Ivanovich Sikorsky (lahir di kiev (Ukraina) tanggal 25 Mei 1889 - meninggal 1972) merupakan salah satu penggagas atau penemu dari Helikopter. Igor Sikorsky menaruh minat pada penerbangan dengan merancang banyak sekali pesawat model di antaranya berupa helikopter semenjak usia dini. Pada awalnya ia masuk Naval Academy di St. Petersburg yang kemudian mengundurkan diri dan pergi ke Paris untuk mendalami ilmu teknik dan penerbangan. Setelah dari Paris, ia kembali ke Kiev, Ukraina dan menyebarkan helikopter namun gagal. Revolusi Bolshevik memaksa Sikorsky hijrah ke Paris dan selanjutnya menetap di Amerika Serikat.
Pada tahun 1939 ia menerbangkan helikopter pertamanya VS-300 dan selama pengembangannya, helikopternya mencatat banyak sekali rekor penerbangan. Sampai memasuki era ke-21 ada sekitar 40.000 helikopter buatan Sikorsky terbang diberbagai serpihan dunia ini.
Biografi
Igor merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Ayahnya, Ivan Alexeevich Sikorsky ialah Seorang profesor psikologi, keturunan Polandia - Rusia. Ivan ialah anak dan cucu dari pendeta Ortodoks Rusia. Ibu Igor Sikorsky, Mariya Stefanovna Sikorskaya ialah seorang dokter, igor sangat menyukai seni, terutama dalam kehidupan dan karya Leonardo da Vinci, dan dongeng Jules Verne.
Pada tahun 1900, pada usia 11 tahun, ia menemani ayahnya ke Jerman dan melalui percakapan dengan ayahnya, ia menjadi tertarik dalam ilmu alam. Setelah kembali ke rumah, Sikorsky mulai bereksperimen dengan mesin model yang terbang, dan pada usia 12, ia telah menciptakan pita karet kecil bertenaga helikopter. Sikorsky mulai berguru di Naval Academy, Saint Petersburg Rusia, pada tahun 1903, di usia 14. Pada 1906, ia memutuskan bahwa masa depannya terletak pada teknik, sehingga ia mengundurkan diri dari Akademi, meskipun prestasinya di perguruan tinggi memuaskan, dan ia meninggalkan Rusia untuk berguru di Paris. Ia kembali ke Rusia pada tahun 1907, mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik (Institut Politeknik Kiev). Setelah tahun akademik, Sikorsky kembali menemani ayahnya ke Jerman pada isu terkini panas 1908, di mana ia berguru perihal karya Wright bersaudara, Sikorsky kemudian menyampaikan bahwa : " Dalam dua puluh empat jam, saya memutuskan untuk mengubah pekerjaan hidup saya, saya akan mempelajari penerbangan.. "
Pada tahun 1900, pada usia 11 tahun, ia menemani ayahnya ke Jerman dan melalui percakapan dengan ayahnya, ia menjadi tertarik dalam ilmu alam. Setelah kembali ke rumah, Sikorsky mulai bereksperimen dengan mesin model yang terbang, dan pada usia 12, ia telah menciptakan pita karet kecil bertenaga helikopter. Sikorsky mulai berguru di Naval Academy, Saint Petersburg Rusia, pada tahun 1903, di usia 14. Pada 1906, ia memutuskan bahwa masa depannya terletak pada teknik, sehingga ia mengundurkan diri dari Akademi, meskipun prestasinya di perguruan tinggi memuaskan, dan ia meninggalkan Rusia untuk berguru di Paris. Ia kembali ke Rusia pada tahun 1907, mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik (Institut Politeknik Kiev). Setelah tahun akademik, Sikorsky kembali menemani ayahnya ke Jerman pada isu terkini panas 1908, di mana ia berguru perihal karya Wright bersaudara, Sikorsky kemudian menyampaikan bahwa : " Dalam dua puluh empat jam, saya memutuskan untuk mengubah pekerjaan hidup saya, saya akan mempelajari penerbangan.. "
Pengembangan awal helikopter
Dengan sumbangan keuangan dari adiknya Olga, Sikorsky kembali ke Paris pada 1909 untuk mempelajari aeronautika di Sekolah Penerbangan "Ecole des Teknik Aéronautiques et de Konstruksi Automobile (ETACA)" dan membeli sparepart pesawat. Pada ketika itu, Paris merupakan sentra dunia penerbangan. Sikorsky bertemu dengan para perintis penerbangan, dan meminta mereka menjawab pertanyaan perihal pesawat dan terbang. Pada bulan Mei 1909, ia kembali ke Rusia dan mulai merancang helikopter pertamanya, ia mulai menguji pada bulan Juli 1909. Meskipun kemajuan dalam menuntaskan duduk kasus teknis kontrol, Sikorsky menyadari bahwa pesawatnya tidak akan pernah terbang. Dia hasilnya membongkar pesawat rancangannya pada bulan Oktober 1909.
"Aku sudah cukup berguru untuk menyadari bahwa dengan keadaan yang ada dari seni, mesin, bahan, dan dari semua itu mulai dari kekurangan uang dan kurang pengalaman... Saya tidak akan bisa menghasilkan sebuah helikopter yang saya impikan"
Pada awal tahun 1912 , Igor Sikorsky menjadi Chief Engineer dari divisi pesawat untuk Russko Baltiisky Vagonny ZAVOD atau R-BVZ di Saint Petersburg. Karyanya di R-BVZ termasuk konstruksi pesawat bermesin empat pertama, S-21 Russky Vityaz, yang disebut Le Grand. Dia juga menjabat sebagai penguji coba penerbangan pertama pada 13 Mei 1913. Dalam ratifikasi atas prestasinya, ia dianugerahi gelar kehormatan di bidang teknik dari Saint Petersburg Politeknik Institut pada tahun 1914. Sikorsky mengambil pengalaman dari gedung Vityaz Russky untuk menyebarkan S-22 pesawat Muromets Ilya. Karena pecahnya Perang Dunia I, ia mendesain ulang pesawat pembom pertama di dunia yang bermesin empat, yang dihiasi dengan Ordo St Vladimir.
Setelah Perang Dunia I
Igor Sikorsky hanya sebentar menjadi seorang insinyur bagi pasukan Prancis di Rusia, selama Perang Saudara Rusia. Ia Melihat sedikit kesempatan untuk dirinya menjadi seorang desainer pesawat dalam perang di Eropa, dan terutama Rusia, kemudian ia beremigrasi ke Amerika Serikat dan datang di New York pada tanggal 30 Maret 1919.
Di Amerika Serikat, Sikorsky pertama kali bekerja sebagai guru sekolah dan dosen, sambil mencari kesempatan untuk bekerja di industri penerbangan. Pada tahun 1932, ia bergabung dengan fakultas dari Universitas Rhode Island untuk membentuk aktivitas Aeronautical Engineering dan tetap dengan Universitas hingga tahun 1948. Dia juga kuliah di University of Bridgeport.
Pada tahun 1923, Sikorsky membentuk Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Dia dibantu oleh beberapa mantan perwira militer Rusia. Di antara pendukung Sikorsky ialah Sergei Rachmaninoff, yang memperkenalkan diri dengan menulis cek sebesar US $ 5.000 atau sekitar $61.000 pada tahun 2007. Meskipun prototipe rusak dalam tes penerbangan pertama, Sikorsky membujuk pendukung untuk menginvestasikan $ 2.500. Dengan dana tambahan, ia menghasilkan S-29, salah satu pesawat bermesin ganda pertama di Amerika, dengan kapasitas untuk 14 penumpang dan kecepatan 115 mph. Kinerja S-29, lambat dibandingkan dengan pesawat militer tahun 1918.
Pada tahun 1928, Sikorsky menjadi warga negara naturalisasi Amerika Serikat. Pada tahun 1929 Sikorsky Manufacturing Company pindah ke Stratford, Connecticut dan menjadi bab dari United Aircraft dan Transportasi (sekarang United Technologies Corporation ) pada bulan Juli tahun itu. Perusahaan ini memproduksi kapal terbang, menyerupai "Clipper" 42-S, dipakai oleh Pan Am untuk penerbangan trans-Atlantik.
Di Amerika Serikat, Sikorsky pertama kali bekerja sebagai guru sekolah dan dosen, sambil mencari kesempatan untuk bekerja di industri penerbangan. Pada tahun 1932, ia bergabung dengan fakultas dari Universitas Rhode Island untuk membentuk aktivitas Aeronautical Engineering dan tetap dengan Universitas hingga tahun 1948. Dia juga kuliah di University of Bridgeport.
Pada tahun 1923, Sikorsky membentuk Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York. Dia dibantu oleh beberapa mantan perwira militer Rusia. Di antara pendukung Sikorsky ialah Sergei Rachmaninoff, yang memperkenalkan diri dengan menulis cek sebesar US $ 5.000 atau sekitar $61.000 pada tahun 2007. Meskipun prototipe rusak dalam tes penerbangan pertama, Sikorsky membujuk pendukung untuk menginvestasikan $ 2.500. Dengan dana tambahan, ia menghasilkan S-29, salah satu pesawat bermesin ganda pertama di Amerika, dengan kapasitas untuk 14 penumpang dan kecepatan 115 mph. Kinerja S-29, lambat dibandingkan dengan pesawat militer tahun 1918.
Pada tahun 1928, Sikorsky menjadi warga negara naturalisasi Amerika Serikat. Pada tahun 1929 Sikorsky Manufacturing Company pindah ke Stratford, Connecticut dan menjadi bab dari United Aircraft dan Transportasi (sekarang United Technologies Corporation ) pada bulan Juli tahun itu. Perusahaan ini memproduksi kapal terbang, menyerupai "Clipper" 42-S, dipakai oleh Pan Am untuk penerbangan trans-Atlantik.
Paten
Igor Sikorsky dengan helikopter ciptaannya |
Sikorsky menikah dengan Olga Fyodorovna Simkovitch di Rusia. Mereka bercerai dan Olga tetap di Rusia dengan putri mereka dan Sikorsky berangkat ke amerika menjelang Revolusi Oktober. Sikorsky menikahi Elisabeth Semion pada tahun 1924, di New York, Sikorsky dan Elisabeth kemudian mempunyai empat putra Sergei, Nikolai, Igor Jr dan George.
Sikorsky meninggal di rumahnya di Easton, Connecticut, pada tanggal 26 Oktober 1972, dan dimakamkan di Pemakaman Saint Yohanes di Stratford. Sikorsky telah ditetapkan sebagai Connecticut Aviation Pioneer oleh Legislatif Negara Connecticut. Sikorsky Aircraft Corporation di Stratford Connecticut, hingga dengan hari ini menjadi salah satu produsen helikopter terkemuka di dunia, dan sebuah bandara kecil di dekatnya diberi nama Bandara Memorial Sikorsky. (en.wikipedia)