Nih Levi Strauss - Penemu Celana Jeans

 yaitu seorang produsen pakaian Amerika Serikat kelahiran Jerman Nih Levi Strauss - Penemu Celana Jeans
Levi Strauss

Lahir: Löb Strauß February 26, 1829 
Buttenheim, Bavaria, German Confederation
Meninggal: 26 September 1902 (umur 73) 
San Francisco, California, U.S.

Dikenal karena: 
Penemu dan pendiri  perusahaan pertama 
yang memproduksi celana jeans biru 
(blue jeans) 
yang dikenal dengan Levi Strauss & Co.
Levi Strauss ( / ? ? l i v a? s t r ? ? s / , lahir Lob Strauß, Jerman: [lo ? p ?t?a?s] , 26 Februari 1829 - 26 September 1902) yaitu seorang produsen pakaian Amerika Serikat kelahiran Jerman.  Strauss yaitu seorang yahudi mendirikan perusahaan pertama yang memproduksi celana jeans biru (blue jeans) . Perusahaannya, Levi Strauss & Co , dimulai pada tahun 1853 di San Francisco , California. Namanya menjadi brand jins Levi's.

Ia terlahir sebagai Löb Strauß dan pada 1850 mengubah namanya menjadi Levi Strauss, dan pada tahun 1853 pindah ke San Francisco, California untuk membuka perusahaannya sendiri Levi Strauss & Co.

Awal kehidupan

Levi Strauss dilahirkan di Buttenheim, di wilayah Franconian dari Bavaria, Jerman pada tanggal 26 February 1829. Levi Strauss yaitu anak dari Hirsch Strauss dan Rebecca Strauss.

Untuk menyambung hidup, Levi Strauss bekerja serabutan, pada usia 15 tahun beliau bekerja sebagai sales perjalanan, namun pekerjaan tersebut tidak menciptakan kehidupan ekonominya berubah lebih baik, suatu dikala beliau mendengar kabar ihwal masyarakat barat, ihwal keindahan suatu tanah gres dengan nama "The Wild West", Levi juga mendengar kabar ihwal Cowboy, pistol, dan perkel4h!4n.

Pada usia 18, Levi Strauss beserta ibu dan dua saudara perempuannya berlayar ke Amerika Serikat untuk bergabung dengan saudaranya Jonas dan Louis, yang telah memulai bisnis grosir. Adik Levi yaitu Fanny dan suaminya yaitu David Stern pindah ke St Louis, Missouri, sementara Levi pergi untuk tinggal di Louisville dan menjual produk bisnis milik saudara-saudaranya di Kentucky, Amerika Serikat. Pada bulan Januari 1853, Levi Strauss menjadi warga negara Amerika. Keluarganya lalu memutuskan untuk membuka cabang di Pantai Barat San Francisco.

Levi Strauss yang berusia 20 tahun berniat mengadu nasib ke New York. Cerita yang sangat menarik bagi Levi yaitu ihwal pendulangan emas secara besar-besaran yang dikenal dengan nama "Gold Rush" yang terjadi pada tahun 1849. Dengan ketertarikannya tersebut karenanya levi pergi dengan kapal laut, sesampainya di sana beliau percaya bahwa ternyata benar apa yang telah dibicarakan banyak orang, di hadapannya berbagai orang berduyun-duyun untuk mendulang emas. Anehnya beliau tidak tertarik dengan perburuan emas yang telah dilakukan banyak orang tetapi beliau malah berfikir untuk menciptakan pakaian yang sesuai untuk para pekerja pendulang emas tersebut.

Pembuatan celana jeans pertama

Strauss berangkat ke California dengan hanya berbekal beberapa potong tekstil yang merupakan barang bisnis milik saudaranya yang akan dijuanya selama perjalanan ke barat. Karena memang hanya berbekal nekat, Levi Strauss karenanya hingga di California dengan menjual semua barangnya kecuali yang tersisa yaitu materi kanvas.

Sebuah celanapun karenanya dibuatnya hanya dengan materi kanvas tersebut yakni sebuah celana kerja yang dicoba dijualnya kepada para pekerja tambang didaerah tersebut. Ternyata celana dengan materi kanvas milik Strauss laris keras, banyak pekerja tambang yang membeli celana kanvas dari Strauss alasannya yaitu celana dari materi canvas tidak gampang rusak atau sobek serta tahan lama.

Sesuai dengan cita-citanya karenanya Levi sukses membuka toko yang menjual celana panjang berbahan kanvas juga denim. Pada celana buatan Levi terdapat lima buah saku yang terdiri dari dua saku di depan, dua saku di belakang, dan satu saku kecil yang terdapat diatas saku depan bab kanan, konon saku kecil tersebut dipakai oleh pekerja pendulang emas untuk menyimpan emas mereka, pada dikala ini saku tersebut masih ada tetapi gunanya bukan lagi untuk menyimpan butiran emas alasannya yaitu pemakainya bukan lagi para pekerja pendulang emas.

Pada bulan Desember tahun 1850 beliau menulis surat kepada saudaranya, berikut petikan tulisannya:
"Saya mempunyai info bagus, bisnis yang sangat baik. Akhirnya Saya mendapat uang dalam beberapa minggu. Saya membuka toko di sini namanya Sacramento Straus, apakah itu tidak menakjubkan? Saya sangat membutuhkan kanfas juga materi gres adonan cotton buatan Perancis namanya Serge De Nimes, di sini kami menyebutnya dengan nama Denim."
 yaitu seorang produsen pakaian Amerika Serikat kelahiran Jerman Nih Levi Strauss - Penemu Celana Jeans
Logo Levi 's
Namun masih banyak juga mereka yang masih tidak suka dengan materi kanvas olahan Strauss. Hal yang menciptakan beliau mulai berimprovisasi dengan menciptakan dari materi lain yang dipesan dari Genoa Italia. Para pemintal di sana menyebut materi tersebut dengan “genes” dan Strauss mengubah namanya menjadi “Jeans” dan mulailah Strauss memproduksi celana jeans yang pertama dan diberi brand “Levi’s”. Produk desain mereka yg pertama yaitu “Levi’s 501“. Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini mempunyai 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.

Dalam waktu singkat celana ini sudah menjadi celana resmi para penambang, hal yang menciptakan Jacob Davis seorang pengusaha sukses lalu mengajak kerjasama Strauss. Sebagai seorang businessman, naluri dagang Levi pun muncul, ia lalu mengajak Davis partneran dan di tahun 1873 mereka berhasil mendapat hak paten. Setelah paten berhasil didapatkan, pribadi saja para pekerja tambang di California menggunakan celana jeans ini sebagai seragam tidak resmi mereka selama bekerja. Karena terkenal di kalangan pekerja tambang inilah, jeans lalu jadi simbol status ekonomi dan diasosiasikan dengan kelas pekerja. Di tahun 1920, Levi’s Waist Overalls menjadi produk celana kerja yang paling laris di bab Selatan Amerika, dan walau kini bahannya sudah digantikan dengan denim namun banyak orang masih menyebutnya sebagai celana jeans.

Levi Strauss meninggal pada tanggal 26 September 1902, di San Francisco pada usia 73. Dia tidak pernah menikah, sehingga ia meninggalkan bisnisnya untuk empat keponakannya (Yakub, Sigmund, Louis, dan Abraham Stern) yang merupakan belum dewasa adiknya yaitu Fanny dan suaminya David Stern. Dia juga meninggalkan warisan ke sejumlah tubuh amal ibarat Pacific Ibrani Orphan Asylum dan Nasrani Roma Orphan Asylum. Keberuntungan Levi diperkirakan sekitar 6 juta dolar, (sekitar $ 163.546.154 pada tahun 2014 dolar ) Dia dimakamkan di Colma, California.