Nih Penemu Unsur Wolfram / Tungsten - Juan José Elhuyar Dan Fausto Elhuyar

adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang W dan nomor atom  Nih Penemu Unsur Wolfram / Tungsten - Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar
 Fausto Elhuyar
Wolfram adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang W dan nomor atom 74. Nama unsur ini diambil dari bahasa Latin wolframium dan sering juga disebut tungsten. Logam transisi yang sangat keras dan berwarna kelabu hingga putih ini ditemukan pada mineral ibarat wolframit dan schelit.

Wolfram mempunyai titik lebur yang lebih tinggi dibandingkan zat non-aloy lainnya. Bentuk murni Wolfram dipakai terutama pada perangkat elektronik. Senyawa dan aloy-nya dipakai secara luas untuk banyak hal, yang paling dikenal yakni sebagai filamen bola lampu, tabung sinar-x, dan superaloy.

Wolfram ditemukan oleh dua orang bersaudara, Kimiawan asal Spanyol Juan José Elhuyar Lubize (lahir: Logroño, 15 Juni 1754 - Santafé de Bogotá di Kolombia, meninggal: 20 September 1796, pada usia 42 tahun) dan Fausto de Elhuyar (11 Oktober 1755 - 6 Februari 1833). Mereka dikenal sebagai -penenmu Wolfram lantaran yang pertama kali mengisolasi tungsten pada tahun 1783.

Fausto de Elhuyar bertanggung jawab, di bawah komisi Raja Spanyol, untuk menyelenggarakan Sekolah Pertambangan Di México City dan alhasil bertanggung jawab membangun permata arsitektur yang dikenal sebagai " Palacio de Minería ". Elhuyar meninggalkan Meksiko sesudah Perang Kemerdekaan Meksiko, saat sebagian besar penduduk Spanyol di Meksiko diusir.

adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang W dan nomor atom  Nih Penemu Unsur Wolfram / Tungsten - Juan José Elhuyar dan Fausto Elhuyar
Wolfram,  74W
Selama tahun-tahun itu, ia menerbitkan banyak artikel dan dokumen perihal mineral, cara untuk mengekstrak dan menyucikannya, dan lain-lain, yang membuatnya populer di seluruh Eropa sebagai salah satu pakar terbaik mengenai dilema ini. Pada tahun 1780, ia mulai bekerja di Laboratorium Chemicum of Vergara bersama François Chavaneau, yang dengannya ia yakni orang pertama yang memurnikan platinum. Setelah beberapa bulan, ia yakni orang pertama yang menemukan dan mengisolasi tungsten, yang dengannya ia dikreditkan, bersama dengan saudaranya Juan José, sebagai penemunya.

Carl Wilhelm Scheele yakni orang pertamayang mengumumkan inovasi tungsten Elhúyar, dan untuk beberapa alasan dikreditkan alasannya sudah menciptakan inovasi itu sendiri.

Dia juga berkolaborasi dengan Joseph-Louis Proust , hebat kimia Prancis populer untuk melayani raja Charles IV dari Spanyol , yang memimpin Laboratorium Nasional di Segovia.


Sumber: