Nih Ignatius Gottfried Kaim - Pendeskripsi Pertama Mangan

 Dalam disertasinya De metallis dubiis yang terbit tahun  Nih Ignatius Gottfried Kaim - Pendeskripsi Pertama Mangan
Mangan,  25Mn
Ignatius Gottfried Kaim (Lahir 1746-Meninggal 1778) yaitu spesialis kimia Austria. Dalam disertasinya De metallis dubiis yang terbit tahun 1770 Kaim menggambarkan reduksi oksida mangan dengan karbon dan pembentukan logam yang rapuh. Ini yaitu deskripsi pertama teknik administrasi beberapa tahun sebelum sintesis Johan Gottlieb Gahn yang lebih dikenal pada tahun 1774.

(: "Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn"

Mangan yaitu suatu unsur kimia yang mempunyai nomor atom 25 dan mempunyai symbol Mn. Logam mangan berwarna putih keabu-abuan. Mangan termasuk logam berat dan sangat ringkih tetapi gampang teroksidasi. Logam dan ion mangan bersifat paramagnetic. Hal ini sanggup dilihat dari obital d yang terisi penuh pada konfigurasi electron. Mangan mempunyai isotop stabil yaitu 55Mn.

Mangan termasuk golongan transisi . Memiliki titik lebur yang tinggi kira-kira 1250 °C. Ia bereaksi dengan air hangat membentuk mangan (II) hidroksida dan hidrogen. Mangan cukup elektropositif, dan gampang melarut dalam asam bukan pengoksidasi. Selain titik cairnya yang tinggi, daya hantar listrik merupakan sifat-sifat mangan yang lainnya. Selain itu, mangan mempunyai kekerasan yang sedang akhir dari cepat tersedianya elektron dan orbital untuk membentuk ikatan logam.


Sumber: