Nih Benjamin Franklin - Penemu Beling Mata

adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang populer dan telah meninggalkan banyak karya di  Nih Benjamin Franklin - Penemu Kaca Mata
Benjamin Franklin adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang populer dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Ia lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706, meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun.

Franklin ialah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia ialah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis , pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus! Franklin juga ialah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang populer dan dikutip orang. Misalnya "waktu ialah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang sampai kini sebab ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga populer dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia ialah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.


8 Penemuan dan Pencapaian Ilmiah Benjamin Franklin

1. Penangkal Petir - Banyak orang beranggapan bahwa Ben Franklin ialah seorang penemu listrik.  Dia ialah orang pertama yang membagi masing-masing label listrik sebagai positif dan negatif, dan ia ialah orang pertama yang menemukan prinsip kekekalan muatan. Pada tahun 1740, listrik ialah hal yang baru. Benjamin Franklin dan teman-temannya mulai menilik fenomena listrik itu. Pada tahun 1750 ia menerbitkan sebuah anjuran untuk sebuah percobaan untuk mengambarkan bahwa petir ialah listrik, kemudian ia menggunakan layang-layang untuk mengumpulkan beberapa muatan listrik dari awan badai.

Dalam percobaannya terhadap listrik Franklin menemukan temuan untuk penangkal petir, yang menjadi alasan mengapa bangunan tidak tersambar petir setiap kali ada angin ribut yang menakutkan. Dia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam mempunyai kemampuan untuk menarik muatan listrik dan mempunyai jangkauan penarikan yang lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yang tumpul. Dia menyimpulkan bahwa pengetahuan akan hal ini ini bisa dipakai untuk melindungi rumah dari ancaman tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yang diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini akan menarik muatan listrik yang ada pada awan menuju ke tanah sehingga muatan yang ada pada awan tidak cukup untuk menjadikan petir dan kilat.

Untuk menghormati jasa Benjamin Franklin di bidang kelistrikan, namanya diabadikan sebagai satuan fisika franklin (Fr) atau statcoulomb (statC) atau electrostatic unit of charge (esu) . Fr ialah satuan muatan listrik dalam centimeter-gram-detik (cgs). Sistem SI menyerupai yang kita gunakan, menggunakan satuan Coulomb.

2. Odometer - Beberapa penemuannya yang paling populer selain penangkal petir ialah odometer (pengukur jarak tempuh pada kendaraan). Kita harus berterima kasih kepada Ben Franklin atas penemuan ini. Ketika Franklin bertanggung jawab atas layanan pos, ia meletakkan sebuah odometer pada kereta sebagai cara untuk menghitung jarak tempuh untuk rute pos nya.

3. Pemadam Kebakaran Kota - Dinas pemadam kebakaran pertama kali pertama kali dibuat di dunia modern atau tepatnya di Amerika Serikat pada tahun 1736 sekitar kala ke-18, sebagai pendirinya yaitu Benjamin Franklin. Lalu pada jadinya dinas pemadam kebakaran ini berubah menjadi suatu organisasi yang penting di dalam suatu Negara. Ketika itu Ben Franklin sedang mengunjungi Inggris, ia memperhatikan sebuah bangunan yang dikala itu habis terbakar. Hal itu membuat warga panik dan berkata “kebakaran ini terlalu buruk”. Namun kelompok yang teroganisir hadir untuk memadamkan api tersebut bersama-sama. Ini yang menggerakan Ben Franklin untuk mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

4. Bifocals (Kacamata) - Franklin secara umum diakui menunjukkan donasi pintar untuk penemuannya yang sangat praktis. Ia mempunyai talenta atas minat dan  keingintahuan alami untuk menemukan cara untuk membuat sesuatu yang inovatif. Salah satu penemuan yang terbesarnya ialah kacamata dan Franklin telah cukup sempurna diakui dan dikagumi sebagai penemunya.

Kacamata ialah salah satu penemuan Ben Franklin. Setelah beberapa penilitian yang menyeluruh, kacamata dibuat oleh Ben mempunyai dua kekuatan optik yang berbeda dalam satu lensa. Jarak lensa ditempatkan di pecahan atas dan lensa menutup ditempatkan di pecahan bawah. Kacamata ialah hasil zaman modern dari evolusi yang luar biasa dari ciptaan orisinil Benjamin Franklin yang sederhana dan praktis.

5. Tangan Penjapit - Salah satu yang sanggup diyakini bahwa hati Ben Franklin selalu ditempat yang tepat. Dibuktikan dengan penemuan tangan penjapit, yang sanggup kita temukan di toko-toko dikala ini. Tapi kembali pada masa Franklin sekitar 200 tahun yang lalu, bukankah sebuah penemuan yang luar biasa? Penemuan ini dibuat oleh Franklin sebagai seseorang yang gemar membaca. Ia akan merasa terganggu dengan usianya yang sudah tua. Ia mulai merasa sulit untuk menjangkau buku di rak-rak yang tinggi. Hal ini mengilhaminya untuk membuat batang panjang dengan penjepit di ujung nya, yang bisa menarik ke bawah buku-buku yang diinginkannya. Hal ini dianggap malas, tetapi dalam kenyataannya penemuan ini merupakan penemuan yang jenius.

6. Kompor - Melihat kayu bakar tidak banyak berkhasiat secara efisien di perapian-perapian kolonial, ia mendesain kompor yang dikenal dengan Franklin Stove, yang menggunakan bodi yang terbuat besi untuk menyimpan lebih banyak panas. Kompor itu membantu keluarga miskin menghemat dan lebih hangat di animo dingin.

7. Pipa Kateter - Agar penderita kerikil ginjal bisa buang air kecil, Franklin membuat pipa kateter untuk kencing fleksibel pertama yang dipakai di Amerika Utara.

8. Gulf Stream - Dia memberi nama dan mendeskripsikan istilah “Gulf Stream” – Arus Teluk. Arus raksasa Atlantik yang bersirkulasi antara Teluk Meksiko dan pantai barat Irlandia, dan dengan sempurna mengidentifikasikannya sebagai alasan mengapa perjalanan dari Inggris ke Amerika memakan waktu lebih usang pada rute-rute tertentu. Laksamana Inggris menolah penemuannya ini dan kemudian muncul dengan tanggapan yang sama beberapa dekade kemudian.

Di antara sekian banyak kreasinya, Franklin tidak pernah mempatenkan penemuannya.