Nih Christopher Latham Sholes - Penemu Mesin Ketik Qwerty

 yaitu seorang penemu Amerika yang menemukan mesin tik mudah dan keyboard QWERTY pertam Nih Christopher Latham Sholes - Penemu Mesin Ketik QWERTY
Christopher Latham Sholes

Lahir:  14 Februari 1819 Mooresburg, 
Montour County, Pennsylvania, Amerika Serikat
Meninggal: 17 Februari 1890 (umur 71)
Tempat peristirahatan: Forest Home Cemetery,
 Milwauke , Wisconsin, USA
Kebangsaan:  Amerika
Dikenal:  "Bapak mesin tik" 
Christopher Latham Sholes (14 Februari 1819 - 17 Februari 1890) yaitu seorang penemu Amerika yang menemukan mesin tik mudah dan keyboard QWERTY pertama kali yang masih digunakan hingga sekarang. Ia juga seorang penerbit surat kabar dan politisi Wisconsin.

Masa muda dan karir politik

Christopher Sholes Lahir di Mooresburg, Pennsylvania 14 Februari 1819. Sholes pindah ke erat Danville, Pennsylvania dan bekerja di sana untuk magang di percetakan. Setelah simpulan magang , Sholes pindah ke Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1837.

Ia menjadi  penerbit surat kabar dan politisi sebagai Senat di Negara Bagian Wisconsin( 1848-1849) sebagai Demokrat, di Majelis Negara Wisconsin(1852-1853) sebagai Soiler Gratis, dan di sebagai Senat di partai Republik(1856-1857). Dia berperan dalam gerakan yang berhasil menghapuskan eksekusi mati di Wisconsin : korannya, The Kenosha Telegraph, melaporkan pada persidangan John McCaffary pada tahun 1851, dan lalu pada tahun 1853 ia memimpin kampanye di Majelis Negara Wisconsin. Dia yaitu adik dari Charles Sholes (1816-1867) yang juga seorang penerbit surat kabar dan politisi yang bertugas di kedua majelis Wisconsin State Legislatif dan sebagai walikota Kenosha.

Papan Ketik

 yaitu seorang penemu Amerika yang menemukan mesin tik mudah dan keyboard QWERTY pertam Nih Christopher Latham Sholes - Penemu Mesin Ketik QWERTY
Mesin ketik Sholes, 1873. Buffalo History Museum
Mesin ketik pertama kali yang sukses secara komersil diciptakan oleh C. Latham Sholes, Carlos Glidden dan Samuel W. Soule pada tahun 1867. Penemuan ini lalu memperoleh hak paten dan dibeli oleh E. Remington and Sons, sebuah perusahaan manufaktur.

Walaupun demikian, mesin ini pada awalnya masih mempunyai beberapa kekurangan antara lain juru tulis tidak sanggup melihat hasil ketikan secara pribadi dan adanya kesulitan akan penempatan tuts yang digunakan untuk kembali pada posisi semula. Hal ini lalu sanggup diatasi dengan munculnya “visible typewriters” menyerupai mesin ketik Oliver pada tahun 1895.

Tata letak ”qwerty” pada papan ketik sudah menjadi standardisasi dan tetap digunakan hingga ketika ini. Pada tahun 1874, Sholes dan Glidden membuat mesin ketik dengan tata letak papan ketik ”qwerty”. Tata letak ini telah menjadi standar dalam mesin ketik dan papan ketik komputer yang berbahasa Inggris. Tipe ”qwerty” diubahsuaikan di beberapa negara lain, menyerupai ”qzerty” di Itali, ”azerty” di Perancis, dan ”qwertz” di Jerman. Tata letak ini dianggap kurang efisien alasannya yaitu memperlambat juru tulis dalam mengetik. Walaupun demikian, tata letak menyerupai ini sanggup mengurangi frekuensi typebar yang mengganjal dan macet pada mesin.

Kemudian muncul sejumlah anjuran mengenai tata letak yang radikal, menyerupai “Dvorak”, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan ”qwerty”. Mesin ketik ”Blickebsderfer” dengan tata letak ”Dhiatensor” mempunyai kemungkinan sebagai perjuangan pertama yang mengoptimalkan tata letak mesin ketik untuk laba efisiensi.

QWERTY yaitu salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Dinamakan demikian alasannya yaitu tombol-tombol aksara Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan menyerupai terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang digunakan pada kebanyakan keyboard komputer ketika ini).