Nih Gottlieb Daimler - Penemu Kendaraan Beroda Empat Dan Sepeda Motor

 dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman Nih Gottlieb Daimler - Penemu Mobil dan Sepeda motor
Gottlieb Daimler
lahir:  17 Maret 1834, 
Schorndorf , Württemberg
Meninggal: 6 Maret 1900 (umur 65)
Kebangsaan:  Jerman
Pendudukan:  Engineer, industrialis, 
pelopor otomotif
Dikenal: Daimler Motoren-Gesellschaft 
(Daimler Motors Corporation, DMG)
Gottlieb Wilhelm Daimler (terlahir Däumler, 17 Maret 1834 – 6 Maret 1900) dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman. Pada tahun 1890 ia berhasil menyebarkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler membuat mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat kendaraan beroda empat pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).

Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun sesudah ajal Daimler, administrasi DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang sekarang bab Daimler AG.

Motor Pertama Bermesin bensin

 dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman Nih Gottlieb Daimler - Penemu Mobil dan Sepeda motor
Motor Pertama
Bermesin bensin
Gottlieb Daimler membuat sepeda motor pertama  bermesin bensin pada tahun 1885, merupakan mesin yang menempel pada sepeda kayu. Itu menandai momen dalam sejarah dikala pengembangan dual mesin bertenaga bensin yang layak dan sepeda modern

Gottlieb Daimler memakai mesin yang telah diciptakan oleh insinyur, Nicolaus Otto . Otto menemukan "Four-Stroke Internal-Combustion Engine" pertama pada tahun 1876. Dia menyebutnya "Siklus Otto Mesin" Segera sesudah ia menuntaskan mesinnya, Daimler (mantan karyawan Otto) membangun sebuah sepeda motor. (Daimler bekerja sebagai administrator teknis Deutz Gasmotorenfabrik, yang dimiliki Nicolaus Otto co pada tahun 1872)

Mobil Empat Roda Pertama di Dunia 

 dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman Nih Gottlieb Daimler - Penemu Mobil dan Sepeda motor
Mobil Empat Roda
Pertama di Dunia
 
Tahun 1885 Daimler-Maybach membuat mesin yang mempunyai spesifikasi:  kecil, ringan, cepat, memakai karburator bensin injeksi, dan mempunyai silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin diperbolehkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil.

Pada 8 Maret 1886, Daimler mengambil sebuah stagecoach(perhentian) (dibuat oleh Wilhelm Wimpff & Sohn) dan disesuaikan untuk menahan mesinnya, lalu dirancanglah kendaraan beroda empat roda empat pertama di dunia.

Pada tahun 1889, Gottlieb Daimler membuat V-miring dua silinder, mesin empat-stroke dengan katup berbentuk jamur. Sama menyerupai mesin Otto yang dibentuk 1876, mesin gres Daimler tetapkan dasar untuk semua mesin kendaraan beroda empat ke depan.

Transmisi Empat Kecepatan 

Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun kendaraan beroda empat pertama mereka. kendaraan beroda empat gres Daimler mempunyai transmisi empat percepatan dan memperoleh kecepatan 10 mph.

Daimler Motoren Gesellschaft

Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft-pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Wilhelm Maybach berada di balik desain kendaraan beroda empat Mercedes. Maybach balasannya meninggalkan Daimler untuk mendirikan pabrik sendiri untuk membuat mesin untuk Zeppelin airships .

First Automobile Race

Pada tahun 1894 diadakan balapan kendaraan beroda empat pertama di dunia yang dimenangkan oleh kendaraan beroda empat dengan mesin yang dibentuk oleh Daimler.
(sumber: about.com, wikipedia)