Nih Penemu Kerikil Baterai - Alessandro Volta

 Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta  Nih Penemu Batu Baterai - Alessandro Volta
Alessandro Volta
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta (lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan, (kini Italia), 18 Februari 1745 – meninggal di Como, Lombardi-Venetia, (kini Italia), 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun) ialah seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal sebab menyebarkan baterai pada tahun 1800.

Alessandro Volta ialah jago fisika Italia, jago kimia, pangeran, guru besar, pengarang, penemu beberapa benda yang mempunyai kegunaan seperti: elemen batere atau tumpukan Volta (1800), penemu kondensator, eudimeter, pistol listrik, dan lampu udara. Ia memperbaiki elektroforus (1777) dan elektroskop. Ia menemukan dan mengisolir gas metan (1778).

Volta ialah anak seorang orang bangsawan, Saudara sekandungnya ada 9 orang yang semuanya masuk biara, kecuali Volta.  Volta gres sanggup bicara ketika berusia 4 tahun, hingga keluarganya menerka Volta anak yang terbelakang. Tapi sesudah besar ia sanggup menandingi sebayanya. Umur 14 tahun dengan tegas ia menyampaikan ingin menjadi jago fisika. Ia manjadi guru fisika pada umur 29 tahun di Sekolah Menengan Atas Como. Ia menemukan elektrofikus; yaitu alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan jalan induksi.

Alat ini terdiri atas dua plat logam; plat pertama dan plat kedua. Plat pertama tertutup oleh ebonit, plat kedua diberi tegangan yang berisolasi. Plat pertama digosok dan dimuati listrik negatif. Jika plat kedua ditaruh di atasnya, muatan listrik nyata tertarik ke permukaan potongan bawah. Muatan negatif terusir ke atas. Muatan negatif kemudian ditarik ke tanah.

Proses ini diulang berkali-kali hingga ada muatan yang berpengaruh pada plat kedua. Mesin pengumpul muatan ini jadi dasar kondensator atau kapasitor hingga sekarang. Volta jadi populer dan ia diangkat jadi guru besar di Universitas Pavia. Di sini ia membuat alat yang bekerjasama dengan listrik statik, Akibatnya ia diangkat jadi angota Royal Society dan menerima hadiah Medali Copley.

 Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta  Nih Penemu Batu Baterai - Alessandro Volta
Baterai Volta
Tahun 1786 Luigi Galvani, jago fisiologi dan teman Volta, menemukan bahwa kaki katak yang dikait dengan kait tembaga, kalau menyentuh besi, (kaki itu) berdenyut. Galvani menyimpulkan bahwa daging katak mengandung listrik.

Delapan tahun kemudian (1794) Volta tahu, bahwa listrik itu berasal dari logam dan bukan dari daging katak. Ia melanjutkan pekerjaan Luigi dan mengambarkan bahwa teori Galvani yaitu imbas kejutan kaki kodok ialah salah. Secara fakta, imbas ini muncul akhir 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Timbullah perdebatan ilmiah antara pengikut Volta dan Galvani selama 6 tahun.

Berdasarkan pendapatnya, Volta berhasil membuat Baterai Volta (Voltac Pile). Tahun 1800 Volta ber-hasil menemukan batere. Maka gugurlah teori Galvani. Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan.