Nih Biografi Louis Victor Duc De Broglie - Penemu Sifat Gelombang Elektron

 anggota Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis dan ningrat Inggris Nih Biografi Louis Victor duc de Broglie - Penemu Sifat Gelombang Elektron
Louis de Broglie
Lahir: 15 Agustus 1892 Dieppe, Prancis
Meninggal: 19 Maret 1987 (umur 94) Louveciennes, Prancis
Kebangsaan: Prancis
Bidang: Fisika
Lembaga: Sorbonne, Universitas Paris
Almamater: Sorbonne
Penasihat Doktor Paul Langevin
Mahasiswa doktoral: Cécile DeWitt-Morette, Bernard d'Espagnat, Jean-Pierre Vigier, Alexandru proca
Dikenal untuk: Sifat gelombang elektron, Teori De Broglie-Bohm, panjang gelombang de Broglie
Penghargaan: Penghargaan Nobel dalam Fisika (1929), Kalinga Prize (1952)
Louis de Broglie adalah hebat fisika murni Perancis, penemu sifat gelombang elektron, pengarang, guru besar, doktor, pemenang Hadiah Nobel dalam Fisika (1929), anggota Lembaga Ilmu Pengetahuan Prancis dan ningrat Inggris.

Louis de Broglie yakni seorang fisikawan Perancis yang menciptakan donasi inovatif untuk teori kuantum. Dalam tesis PhD 1924 ia mendalilkan sifat gelombang elektron dan menyarankan bahwa semua bahan mempunyai sifat gelombang. Konsep ini dikenal sebagai Dualitas gelombang-partikel atau hipotesis de Broglie.

Perilaku ibarat gelombang partikel ditemukan oleh de Broglie digunakan oleh Erwin Schrödinger dalam perumusan perihal gelombang mekanik. Louis de Broglie yakni anggota keenam belas terpilih untuk menduduki dingklik 1 dari française Académie pada tahun 1944, dan menjabat sebagai Perpetual Sekretaris Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis.


Biografi

Louis de Broglie lahir dari keluarga ningrat di Dieppe, Seine-Maritime, anak bungsu dari Victor, 5 duc de Broglie. Dia menjadi 7duc de Broglie sesudah maut tanpa pewaris pada tahun 1960 dari kakaknya, Maurice, 6 duc de Broglie, juga hebat fisika. Dia tidak menikah. Ketika ia meninggal di Louveciennes, ia digantikan sebagai adipati oleh sepupu jauh, Victor-François, 8 duc de Broglie.

De Broglie dan rekan-rekannya berniat berkarir di humaniora, dan mendapatkan gelar pertamanya di sejarah. meskipun sesudah itu  ia mengalihkan perhatiannya terhadap matematika dan fisika dan mendapatkan gelar di bidang fisika. Dengan pecahnya Perang Dunia Pertama pada tahun 1914, ia mengatakan jasanya kepada tentara dalam pengembangan radio komunikasi.


Teori penting

Pada tahun 1924, tesis doktoralnya mengemukakan tawaran bahwa benda yang bergerak mempunyai sifat gelombang yang melengkapi sifat partikelnya. 2 tahun lalu Erwin Schrodinger menggunakan konsep gelombang de Broglie untuk membuatkan teori umum yang digunakan olehnya bersama dengan ilmuwan lain untuk menjelaskan banyak sekali tanda-tanda atomik. Keberadaan gelombang de Broglie dibuktikan dalam eksperimen difraksi berkas elektron pada 1927 dan pada 1929 ia mendapatkan Hadiah Nobel Fisika.

Dalam karir terakhirnya, de Broglie bekerja untuk membuatkan klarifikasi kausal dari gelombang mekanik, bertentangan dengan model probabilistik yang mendominasi teori mekanik kuantum; itu disempurnakan oleh David Bohm pada 1950-an. Sejak itu Teori tesebut dikenal sebagai teori De Broglie-Bohm.

Selain karya ilmiah, de Broglie berpikir dan menulis perihal ilmu filsafat, termasuk nilai penemuan-penemuan ilmiah modern.

Louis Victor duc de Broglie meninggal pada19 Maret 1987 (umur 94) di Louveciennes, Prancis. (en.wikipedia.org)